Dinamika Proses Pemungutan Suara di Sumsel

 263 total views,  2 views today

pemilu

RABU (9/4) kemarin secara serentak proses pemungutan suara Pemilu Legislatif dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk di Sumatera Selatan. Berkaitan dengan hal itu Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Aspahani, menyatakan secara umum proses pemungutan suara pada 9 April 2014 yang dilaksanakan di kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan relative berjalan lancar. Berdasarkan pemantauan Kabar Sumatera di lapangan memang ditemukan masalah yang cukup kompleks.

Di beberapa dapil dalam wilayah beberapa kabupaten ditemukan kondisi kurang surat suara. Di samping itu ada juga yang tertukar namun dapat diatasi semuanya dengan baik dengan langkah-langkah sigap yang dilakukan oleh seluruh jajaran KPU. Kondisi seperti itu juga diakui oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Aspahani usai memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Palembang, Rabu kemarin.

Menurut dia, persoalan itu, tadi sempat kita bahas dan pada intinya untuk surat suara yang kurang akan diusahakan dipenuhi oleh KPU kabupaten dan kota. Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera pula beberapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk di antaranya KPU Kabupaten Ogan Ilir harus bekerja keras untuk memenuhi logistik Pemilu Legislatif itu untuk memenuhi kekurangan surat suara. Pada kondisi demikian KPU Sumatera Selatan memang hanya memantau dan melakukan, supervisi dan berkoordinasi.

Kita mengharapkan menghadapi persoalan-persoalan yang ada tersebut mereka tentunya akan melakukan evaluasi. Bukan hanya evaluasi, masukan-masukan dari Bawaslu juga pasti banyak oleh karena itu seyogyanya dijadikan pijakan untuk melakukan perbaikan. Sementara Anggota KPU Kota Palembang, Rudi Pangaribuan mengatakan, hanya beberapa TPS yang mengalami kendala tertukar daerah pemilihan yang rata-rata untuk DPRD provinsi Sumsel.

Mereka juga menyatakan kekurangan surat suara pada Pemilu Legislatif itu memang ada, tetapi bisa diatasi. Secara umum kita bersyukur proses pemungutan suara di Sumsel berjalan lancer dan kondusif. Kita mengharapkan proses penghitungan suara, rekapitulasi hingga penetapan nanti juga semunya berjalan lancer dan kondusif. Dengan demikian akan dapat diketahui siapa-siapa yang terpilih menjadi wakil rakyat di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten serta anggota DPD RI. Kita mengharapkan mereka yang terpilih nanti semoga dapat mengemban amanah dari rakyat dengan sebaik-baiknya dan menyampaikan serta memperjuangan aspirasi konstituennya. Dengan demikian kemaslahatan akan dapat dinikimati bersama-sama.

(Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster