652 Surat Suara Dimusnahkan

 167 total views,  2 views today

Ilustrasi Surat Suara | Dok KS

Ilustrasi Surat Suara | Dok KS

PAGARALAM – Sebanyak 652 surat suara yang rusak dan kelebihan surat suara lainnya dihancurkan dengan cara dibakar di pelataran Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam. Proses pembakaran surat suara tersebut dilakukan oleh KPU bersama unsur Pimpinan Daerah (Muspida) Kota  Pagaralam, Panwaslu dan  undangan lainnya.

Ketua KPU Kota Pagaralam Hendri mengatakan, jumlah total surat suara yang rusak ditemukan ketika penyortiran mencapai 94 buah dengan rincian 7 surat suara DPR RI, 25 surat suara DPRD Provinsi, dan 50 surat suara DPRD Kota.

“Selain itu kita juga musnahkan kelebihan surat suara yang jika ditotal dengan suara suara yang rusak berjumlah 604 surat suara. Kemudian ada kiriman tambahan logistik surat suara DPRD Provinsi dan Kota sebanyak 44 surat suara lagi sehingga total semua yang dimusnahkan sebanyak 625 buah,” kata Hendri.

Lanjutnya, dengan penghancuran ini maka surat suara yang tersedia sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 101.161 lembar ditambah ketentuan 2 persen. Sehingga total surat suara yang ada berjumlah 103.184 lembar untuk masing-masing surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota.

“Jumlah keseluruhan  surat suara yang ada sebanyak 412.736 lembar,” tegasnya.

Usai pemusnahan surat suara, logistik berupa kotak dan surat suara kemudian mulai didistribusikan ke seluruh TPS yang ada.  Pelepasan pendistribusian itu langsung dilakukan Wali Kota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni dengan disaksikan sejumlah pejabat diantaranya Wakil Wali Kota Novirzah Djazuli, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani, Kapolres AKBP Saut P Sinaga, dan Pabung Dandim 0405 Mayor Heribertus, serta perwakilan Kejari dan Pengadilan Negeri, Panwaslu dan undangan lainnya.

Kata Wali Kota Ida Fitriati Basjuni, pelaksanaan pemilu ini adalah tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Pagaralam. Semua pihak harus menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan pemilu kali ini.

“Untuk pendistribusian logistik ini, marilah kita jaga agar logistic dimaksud dapat tiba dengan tepat dan tidak terkendala apapun sampai ke TPS-TPS,” kata Ida.

Diketahui terdapat sebanyak 450 TPS yang ada di tiga daerah pemilihan di Pagaralam dengan jumlah pemilih terdaftar dalam DPS sebanyak 101.161 mata pilih. Logistik yang ada minimal sehari sebelum pelaksanaan harus sudah sampai di lokasi pencoblosan.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster