Wujudkan Demokrasi Berkualitas

 186 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PAGARALAM – Jelang pelaksanaan hari pencoblosan pada pemilu umum legislatif (Pileg) pada 9 April nanti, harus disukseskan oleh seluruh lapisan masyarakat. sebab itu, tingkat partisipasi pemilih di Bumi Besemah ini harus tinggi dan pelaksanaannya diharapkan menjadi contoh terbaik bagi daerah lain. Demikian dikemukakan Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, Senin (7/4/2014).

Ida berujar, dalam beberapa pelaksanaan pemilihan umum termasuk pemilihan walikota dan wakil walikota tahun lalu, Pagaralam selalu menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya. Selain itu tingkat partisipasi masyarakat di Pagaralam tergolong tinggi mencapai 85% bila melihat pemilu sebelumnya.

“Tingkat partisipasi pelaksanaan pemilihan legislatif kali ini diharapkan dapat mencapai 95%, “katanya seraya berujar kepada segenap lapisan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu 9 April mendatang, demi terwujudnya pemilu yang berkualitas.

Ia pun menghimbau, kepada seluruh Pegawai Negri Sipil (PNS) dan Aparatur Pemerintahan Negara (APN) agar tidak terlibat politik praktis. Termasuk pula TNI/Polri agar dapat menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilihan pemilu berikut membantu pengamanan dan keamanan saat pelaksanaan pemilu.

“Mari pergunakan hak pilih sebaik-baiknya, tanpa harus terlibat langsung dalam mendukung calon tertentu,” pesan Ida seraya berkata semoga pelaksanaan pemilu 2014 khusunya di Bumi Besemah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar demi terwujudnya sistem demokrasi yang berkualitas.

Ketua KPU Kota Pagaralam Hendri mengatakan, memasuki masa tenang para peserta pemilu dapat mentaati aturan demi menjaga keamanan bersama. Ia mengharapkan pula agar seluruh peserta pemilu dapat tunduk dan taat kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilu demi menjaga ketertiban dan kondusivitas dalam setiap kegiatan.

“Kepada peserta pemilu dihimbau agar dapat saling menghormati antar peserta pemilu lainnya dan menghentikan kegiatan kampanye pada masa tenang berlangsung. Selain itu bila ada masalah yang terjadi hendaknya diselesaikan dengan jalan musyawarah mufakat dan menghindari segala bentuk kekerasan, intrik, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan,” singkatnya

 

Teks     :ANTONI STEFEN

Editor    :RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster