RSUD OI ‘Sulap’ Ruangan Untuk Tampung Caleg Tak Terpilih Yang Terkena Gangguan Jiwa

 346 total views,  4 views today

Direktur RSUD OI dr Siska Susanti

Direktur RSUD OI Dr. Siska Susanti

INDERALAYA – Meski belum secara khusus menyiapkan  ruangan kosong atau sal untuk menerima pasien caleg yang tak terpilih yang terkena gangguan jiwa, namun menejemen RSUD Kabupaten Ogan Ilir (OI) bisa menyulap dua ruangan sal untuk memberikan pelayanan medis bagi penderita. Hal tersebut diungkapkan Direktur RSUD OI dr Siska Susanti, Senin (7/4/2014), kemarin.

Dia berkata, ada dua ruangan atau sal yang bisa diubah fungsinya tanpa menganggu pelayanan medis seperti sal bedah dan sal anak yang bisa menampung pasien yang terkena gangguang jiwa, lantaran dapat menyiapkan 16 bed (tempat tidur pasien).

“Ya, sementara di bedah dan anak kan belum ada pasiennya, namun jika sifatnya darurat bisa kita siapkan ruangannya. Apalagi inikan mendekati pencoblosan caleg, bagi yang tidak terpilih dan terkena gangguan dapat konsul ke kita karena RSUD OI ada dokter saraf namun jika dibutuhkan kita juga bisa menyediakan psikiater, ahli jiwa. Bagi yang menggunakan BPJS gratis tapi kalau tidak pakai BPJS dikenakan tarif,” kata Siska.

Ia menambahkan, setiap sal terdiri dari 8 bed. Disinggung soal  gangguan jiwa yang kerap dialami seseorang jika mengalami stress, Siska menjelaskan ada beragam mulai dari psikosis seperti pikiran melayang, neorosis mengalami perasaan cemas, hingga szizopren atau tidak sadarkan diri alias gila.

“Kalau sampai kita tidak bisa menanganinya di rujuk ke RS Ernaldi Bahar, kita juga siapkan tenaga medisnya di RSUD sudah ada 100 orang perawat ditambah Tenaga Kerja Sukarela (TKS), ” katanya.

Disinggung soal sudah adakah yang memesan ruangan terkait hal tersebut, ia mengatakan hingga saat ini secara khusus belum, namun sudah disuruh untuk menyiapkan. “Belum secara spesifik, tapi anggota dewan yang sekarng sudah disuruh menyiapkan hal ini,” kata dr Siska.

 

TEKS      : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster