Perda Parkir tidak Berjalan, Dewan Rancang Perda Baru

 231 total views,  2 views today

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir

PALEMBANG – Walau sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Parkir, namun perda itu tidak berjalan maksimal. Salah satu buktinya, tarif parkir yang ditarik juru parkir tidak sesuai dengan tarif yang diterapkan dalam perda.

Karenanya kata anggota Komisi III DPRD Kota Palembang, M Hidayat, Perda Parkir saat ini akan di evaluasi. Dewan sebutnya, akan membuat perda baru. Anggota Komisi III DPRD Palembang, M Hidayat mengatakan, pihaknya akan membuat peraturan daerah (Perda) mengenai perparkiran secara mendetail.

Salah satu point pentingnya adalah para pengusaha parkir harus menyediakan asuransi bagi para konsumen parkir. “Selama ini peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Palembang terkesan tidak dijalankan, jika disesuaikan dengan tarif yang ada di Perda para konsumen tidak mungkin mengeluhkan tarif yang ada,”ungkapnya belum lama ini.

Sambung Hidayat, adalah retribusi parkir tugas Dinas Pehubungan (Dishun) Palembang. Selain itu, untuk pajak parkir menjadi kewenangan Dispenda Palembang. “Selama ini tarif yang ada di dalam Perda tidak dijalankan, bagaimana dengan pertanggung jawaban setoran parkir, apakah masih sesuai dengan Perda Nomor 17 tahun 2008 tentang Pajak Parkir,” tegasnya.

Katanya, saat ini pihaknya sedang merancang perda yang mengatur tentang perparkiran, termasuk nominal yang harus dibayarkan dan yang terpenting, adalah perlindungan konsumen, juga akan diatur dalam Perda Perparkiran tersebut. “Nanti dalam perda itu, akan diatur sedemikian rupa sehingga setiap pengusaha parkir menyediakan asuransi parkir sehingga hak-hak konsumen bisa dilindungi,” bebernya.

Hidayat menambahkan, kedepannya para pengusaha parkir yang tidak memiliki asuransi tidak bisa beroperasional lagi dan usahanya diberhentikan. “Mekanisme dalam pemberian asuransi ini adalah dengan mengarahkan semua pengusaha parkir yang ada untuk bekerja sama dengan asosiasi asuransi yang ada di Palembang, para pengusaha parkir bebas memilih, dengan adanya asuransi yang menjamin kendaraan konsumen, tarif parkir yang diterapkan selama ini tidak menjadi keluhan lagi,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster