KPU OI Kekurangan Surat Suara

 184 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi

INDERALAYA – Pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang di Kabupaten Ogan Ilir (OI), khususnya di tiga daerah pemilihan (Dapil) yakni Dapil 1, 2 dan 5, terancam gagal digelar.

Pasalnya, surat suara di tiga dapil tersebut masih kurang. Kekurangan surat suara ini, sudah dimintakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OI ke KPU Sumatera Selatan (Sumsel). Namun sampai H-2 pemungutan suara, tambahan surat suara itu belum juga dipenuhi oleh KPU Sumsel.

Data yang diperoleh,  KPU OI kekurangan 3. 060 surat suara. Rincinya, surat suara tingkat kabupaten di Dapil I  sebanyak 56 surat suara, Dapil 2 sebanyak 51 surat suara dan Dapil 5 sebanyak 536 surat suara.

Selain itu, kekurangan surat suara juga terjadi untuk surat suara DPR RI sebanyak 838 surat suara dan DPD sebanyak 137 suara serta DPRD provinsi 947 surat suara. Ketua KPU OI, Anahrir didamping Komisioner KPU, Amrah Muslimin mengatakan, pihaknya sudah meminta kekurangan surat suara kepada KPU Sumsel.

“Kita sudah minta kekurangan itu, tapi infonya surat suara baru sampai di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang. Tapi kita minta hari ini juga sudah dikirim,” kata Anahrir, Senin (7/4).

Anahrir menjelaskan, jika besok (Selasa), belum juga dikirim, KPU akan melakukan rapat pleno untuk menutupi kekurangan surat suara. “Kalau belum datang dan sudah mendesak, kita akan rapat pleno dan minta petunjuk dari KPU provinsi dan KPU RI, surat suara mana yang akan dipakai. Surat suara cadangan atau surat suara pemilihan ulang,” ujarnya.

Ia berharap, KPU Sumsel segera mengirimkan surat suara agar pemilu tambahan tersebut sehingga pelaksanaan Pileg di tiga dapil tersebut bisa berjalan lancar. Disinggung posisi surat suara, Amrah menambahkan, saat ini surat suara sudah di distribusikan ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

“Surat suara itu, dijaga ketat oleh petugas baik polisi, TNI, KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Pada H-1, seluruh surat suara akan di distribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelas Amrah.

 

Teks     : JUNAEDI ABDILLAH

Editor    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster