Hargai Masa Tenang

 197 total views,  2 views today

HINGGA hari ini, Rabu (8/4/2014) masih terhitung masa tenang. Berkaitan dengan hal itu  Komisi Pemilihan Umum  (KPU)  Sumatera Selatan mengimbau partai politik dan calon legislatif untuk menghargai masa tenang 6-8 April 2014, karena waktu kampanye sudah diberikan cukup lama. “Kita mengimbau kepada semua pihak termasuk calon legislatif dan partai politik untuk menghargai masa tenang,” kata Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi.

Berdasarkan jadwal sejak Minggu  (6/4/2014)  lalu kampanye dalam bentuk apapun sudah tidak lagi diperkenankan, karena telah memasuki masa tenang selama tiga hari sebelum pemungutan suara pada 9 April 2014. Masa tenang dimulai pada Minggu (6/4/2014) hingga Selasa (8/4/2014) hari ini.

Kita mengharapkan partai politik maupun para calon legislatif wajib menghargai masa tenang ini menyongsong pemungutan suara pada Rabu (9/4/2014) besok.

Sebab waktu yang diberikan untuk proses pengenalan calon legislatif kepada masyarakat pada Pemilu 2014 kali ini sebenarnya cukup panjang dan berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Sebab tiga hari sejak calon tetap disahkan, masing-masing calon legislatif sudah diperkenankan kampanye meski secara terbatas atau tertutup. Karena itu, tiga hari menjelang pemungutan suara atau masa hari tenang, seharusnya sudah tidak ada tindakan berbau kampanye, sebab waktu yang panjang sudah diberikan.

Oleh karena itu  kita sangat  mengharapkan semua pihak dapat menaati aturan dan  komitmen bersama untuk melaksanakan Pemilu damai dan telah ditandatangani pernyataan siap menang dan kalah. Bukankah  “Siap Menang, Siap Kalah” merupakan komitmen moral untuk dilaksanakan. Hingga hari ini   komitmen tersebut  benar-benar diuji. Sebab bukan tidak mungkin  menjelang hari H dan suasana masa tenang ini dimanfaatkan untuk gerilya  ke konsituen termasuk melakukan politik uang. Mengantisipasi hal itu  Bawaslu dan jajarannya hingga pengawas pemilu lapangan (PPL) di tiap desa harus benar-benar waspada.

Dengan demikian  semua pihak harus menghargai masa tenang dengan menciptakan suasana yang kondusif, kemudian saling menjaga satu sama lain dan menyerahkan hasil demokrasi ini pada suara rakyat di sinilah proses demokrasi dari rakyat. Kemudian besok, Rabu (9/4/2014) mari kita sampaikan hak suara kita dengan bersama-sama mendatangi TPS di wilayah masing-masing. Semoga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

(Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster