Gawat, Dana Linmas Pemilu Belum Cair

 155 total views,  4 views today

Ketua KPUD Muara Enim Rohaini SH dan Komisioner Isa Ansori SE bersama Ketua PPK Amirudin memeriksa kotak suara di kantor camat Talang Ubi, senin (7/4/2014)

Ketua KPUD Muara Enim Rohaini SH dan Komisioner Isa Ansori SE bersama Ketua PPK Amirudin memeriksa kotak suara di kantor camat Talang Ubi, senin (7/4/2014)

PALI – Pelaksanaan pemilu tinggal beberapa saat lagi, namun pelaksanaannya masih menyisakan Pekerjaan Rumah (PR), seperti belum cairnya uang jasa anggota Linmas ditingkat TPS, desa, kecamatan dan kabupaten.

Ribuan anggota Linmas belum menerima honor atas pekerjaan yang akan mereka lakukan. Padahal saat ini saja mereka sudah mulai bekerja mengawal kotak suara yang sudah tiba didesanya masing-masing.

Seperti diungkapkan salah satu anggota linmas yang berada di kecamatan Talang Ubi. Anggota yang enggan disebut namanya itu mengaku belum menerima kejelasan berapa honor yang akan diterima dan kapan akan dibagikan.

“Kami tidak tahu pak ada honornya apa tidak. Kalau KPPS sudah jelas duitnya ada. Kalau kami tidak tahul  yang penting tolong, soalnya diperintahkan Pak Lurah,” ujar sumber tersebut.

Sekretaris Badan KesbangpolPP, Mukhlis Nabil BA saat dikonfirmasi masalah tersebut mengakui jika saat ini anggota Linmas belum menerima honor. Namun dia mengaku sudah memberikan penjelasan kepada para anggota Linmas bahwa honor akan tetap dibayar walaupun pemilu sudah usai.

“Kita sudah berikan penjelasan kepada Linmas desa, kecamatan dan kabupaten kalau honor pasti akan dibayar karena saat ini masih dalam proses pencairan. Tapi kalau Linmas yang bertugas di setiap TPS, akan dibayar oleh KPUD. Saya kurang paham, bisa ditanya langsung ke KPUD,” jelas Mukhlis.

Di Kabupaten PALI sendiri terdapat 426 orang anggota Linmas desa dan 120 orang anggota Linmas kecamatan, dengan total 546 orang. “Semuanya akan dibayar melalui Pemkab PALI melalui  Badan Kesbangpol PP,” terang Mukhlis.

Disinggung dengan anggota Linmas di TPS, Mukhlis menjelaskan, anggota Linmas yang bertugas di TPS ini seluruhnya berjumlah 622 orang yang tersebar di 311 TPS di seluruh Kabupaten PALI. “Pembayaran honor melalui KPUD dan PPK,” ucapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muara Enim Rohaini SH ditemui saat melakukan monitoring pendistribusian kotak suara di Talang Ubi, mengakui bila honor Linmas belum dicairkan.

“Honor linmas ini kan menggunakan APBN, masih ada berkas yang belum dilengkapi seperti SK dan lain-lain. Kemungkinan setelah pemilu nanti baru bisa dibayarkan kepada anggota linmas,” jelas Rohaini.

Namun Rohaini menjamin, meskipun pemungutan suara sudah selesai dilakukan honor tersebut tetap akan dibayarkan kepada anggota linmas yang bertugas. “kalau sebelum pemilu rasanya tidak mungkin lagi. Tapi biar begitu setelah pemilu pasti dibayar. Yakinlah pasti dibayar,” tegas Rohaini.

Distribusi Surat Suara Selesai

Ketua KPUD Muara Enim Rohaini SH juga memastikan pendistribusian surat suara ke desa dan kelurahan di kabupaten Muara Enim dan PALI seluruhnya sudah selesai.  “Kalaupun masih ada dikantor camat seperti ini, hanya masalah waktu saja,” katanya.

Pantauan wartawan, beberapa kotak suara yang belum didistribusikan adalah kotak suara untuk desa Talang Bulang, Benuang, Karta Dewa, Sinar Dewa dan Panta Dewa. Beberapa desa tersebut relatif mudah dijangkau karena jalan menujudesa tersebut terhitung mulus.

 

Teks    : Indra Setia Haris

Editor   : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster