Minggu Tenang, Spanduk Terpampang

 166 total views,  4 views today

Memasuki masa tenang Pemilu, Baliho dan bendera partai masih berjejer menghiasi sisi jalan di sekitar lapangan golf Pendopo. Foto diambil minggu (6/4) sore

spanduk-spanduk yang masih terpampang

PALEMBANG -Sesuai tahapan yang telah ditetapkan, memasuki masa tenang menjelang pelaksanaan pencoblosan untuk memilih calon DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kota, tampaknya belum begitu diindahkan sejumlah Parpol peserta Pemilu 2014.

Pasalnya, ada puluhan titik padat penduduk masih dipenuhi baleho Caleg. Ini terjadi di semua kabupaten dan kota di Sumsel. Di Palembang misalnya, pantauan Kabar Sumatera, Minggu (6/4), atribut kampanye milik caleg ini masih terpampang di sejumlah tempat seperti di Jalan Ki Merogan, Jalan Prameswara, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Let Simanjuntak, dan lainnya.

Di Jalan Ki Merogan, nampak baliho, banner maupun spanduk berbagai ukuran masih terpasang baik di tiang-tiang listrik, pohon-pohon, maupun di pinggir-pinggir jalan. Di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, atribut kampanye itu terpasang di pohon-pohon sepanjang jalan tersebut.  “Kita sudah memberikan rekomendasi ke KPU, untuk segera menertibkan. Nantinya Sat Pol PP yang akan mengeksekusinya,” kata Ketua Panwaslu Kota Palembang, Riduwansah.

Sementara itu di Pagaralam, alat atribut kampanye ini masih dengan mudah ditemukan walau di minggu tenang seperti di Pagar Jaya, Perumnas Nendagung, Talang Jelatang, Kecamatan Pagaralam Selatan dan Jalan Gunung, Talang Jeruk, Talang Sawah hingga Bangun Rejo, Kecamatan Pagaralam Utara.

Din Kuncet, salah satu warga Pagaralam Selatan mengatakan, sejumlah atribut parpol dalam bentuk stiker, baleho hingga spanduk banyak melekat dirumahnya. Namun, hingga kini belum juga dilepas oleh para caleg yang memasang ditempatnya. “Sejumlah spanduk, baleho, dan lainnya masih banyak terpasang, tetapi hingga kini belum juga dilepas oleh para caleg padahal sudah memasuki masa tenang,” singkatnya.

Ketua Panwaslu Kota Pagaralam, Haidir Murni SH didampingi anggota Sahlan SH mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerjunkan sejumlah Tim Terpadu guna menyisir sejumlah atribut parpol yang masih terpasang dibeberapa titik padat penduduk.

“Jika Senin dinihari (7/4), masih ada atribut parpol terpasang disejumlah zona kampanye, pasti akan kita bersihkan,” tegas Haidir seraya berujar pihaknya akan ekstra memperketat pengawasan pemilu hingga pihak KPU memplenokan hasil akhir dari pemilihan legislatif 2014.

Hal yang sama terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI), walau sudah ditertibkan Sat Pol PP,Sabtu (5/4) malam namun berbagai atribut kampanye mulai dari spanduk, baleho, bilboard dan bendera parpol masih bertebaran seperti di sepanjang Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang Indralaya, atau dari Pasar Indralaya hingga Timbangan 32.

“Kami bersama KPU OI, terus bergerak alat peraga kampanye. Hari ini, kita bergerak dari Indralaya menuju Desa Pulau Semambu,” kata Kasat Pol PP OI, Refly melalui Kasi Penyidik Pol PP OI, yang juga koordinator penertiban Surip.

Sementara itu anggota Panwaslu OI, Medi Irawan mengatakan, pihaknya terjun langsung untuk memonitoring penertiba baliho yang dilakukan petugas Pol PP OI. “Kami monitor saja pada Sabtu lalu. Kami menghimbau agar tim pemenangan untuk menertibkan alat peraga baik yang ada di perkotaan maupun di desa-desa,” harapnya.

Kata Medi, satu hari sebelum pelaksanaan Pemilu, semua alat peraga harus dibersihkan.

“PPL dan masyarakat juga kita himbau untuk ikut andil dalam membersihkan baliho tersebut,” ucapnya.

Disinggung adanya aktifitas caleg di masa tenang, Medi menjelaskan, pada masa tenang, pihaknya memonitor tidak ada aktifitas yang dilakukan para caleg untuk melakukan kampanye. Jika terlihat, pihaknya tidak segan-segan akan menindak tegas caleg tersebut.

“Sejauh ini terpantau aman, tidak aktifitas yang dilakukan para caleg. Kalau ada, kita akan tindak tegas caleg tersebut,” tegasnya.

 

TEKS        : ANTONI S/JUNAEDI A/ALAM T

EDITOR     : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster