Kartu untuk Mencetak e-KTP Didistribusikan Usai APBNP

 310 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Masyarakat yang masih menantikan Kartu Tanda Penduduk KTP elektronik (KTP-El) masih harus bersabar. Pasalnya, hingga saat ini masih belum ada distribusi kartu yang akan dicetak dari pemerintah pusat ke seluruh pemerintah Kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Sumsel.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sumsel, Edward Chandra menyebut, kartu tersebut merupakan dana dari pemerintah pusat. Untuk itulah pihaknya masih menantikan distribusi sehingga setiap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), bisa melakukan pencetakan kartu.

“Kartunya masih belum ada, rencananya baru akan diadakan pertengahan tahun atau tepatnya pada saat APBN Perubahan mendatang,” terang Edward kepada wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Hal itu sendiri terangnya, baru dapat dilakukan pada APBN perubahan lantaran kebijakan pencetakan di Disdukcapil baru disahkan setelah APBN 2014 diketok palu oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Untuk mesin cetaknya, beber Edward, saat ini sudah dibereskan semuanya. Sebanyak 15 kabupaten/kota yang ada di Sumsel sudah memiliki mesin yang akan digunakan untuk membuat e-KTP tersebut. “Hanya ada dua kabupaten yang belum yakni DOB (Daerah Otonomi Baru) PALI dan Muratara,” terang dia.

Alasannya, menurut Edward, masih belum adanya mesin cetak itu lantaran kedua kabupaten tersebut memang tergolong baru dimekarkan. “Nah, mungkin program dari pusat baru untuk 15 kabupaten/kota yang sudah lama berdiri terlebih dahulu,” ungkapnya.

Dipastikan Edward, tak ada gangguan lagi dalam proses pencetakan kartu di Disdukcapil. Pasalnya seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) tentunya sudah disiapkan oleh masing-masing kabupaten/kota untuk jalannya proese tersebut.

“Mudah-mudahan akhir tahun atau semester dua 2014 ini sudah mulai operasional dengan lancar karena memang untuk pendanaan kartu serta pencetakan itu dilakukan Pemerintah Pusat,” ungkap Edward seraya meminta masyarakat memberikan dukungan untuk menyukseskan hal tersebut.

Sebelumnnya, Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki menuturkan, seluruh kabupaten/kota di Sumsel memiliki semangat tinggi untuk menyelesaikan program e-KTP dengan tepat waktu. “Buktinya proses perekaman berjalan baik dan sesuai target,” tegasnya.

Bahkan, setiap hal yang terjadi terkait jalannya program itu secara rutin selalu disertai laporan yang periodik. “Terbukti memang benar-benar mengalami kemajuan karena setiap triwulan, progres selalu dilaporkan ke pusat melalui Kemendagri,” tukasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster