Kapolda Sumsel, Siap Amankan Pileg Dan Pilpres

 238 total views,  2 views today

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi  Saud Nasution

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi Saud Nasution

PALEMBANG – Banyak pihak menilai, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), tidak siap dalam mengamankan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres), karena harus menyesuaikan dengan keberadaan dua pejabat tinggi di Polda Sumsel.

Namun, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi  Saud Nasution menampik anggapan tersebut.

Kapolda memastikan Polda Sumsel tetap siap mengamankan Pileg 2014 yang pada 9 April mendatang. “Tidak ada yang perlu disesuaikan lagi meski ada pergantian untuk jabatan Wakapolda dan Irwasda. Kedua anggota Polri yang baru sudah mengerti akan tugas-tugasnya dalam mengamankan pileg 2014 nanti. Jadi, Polda Sumsel tetap siap mengamankan pileg 2014 ini,” kata Saud.

Momen Pilkada Palembang dan Pilgub Sumsel beberapa waktu yang lalu, lanjut Saud, akan dijadikan pelajaran untuk mengamankan Pileg 2014 serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 nanti. Menurutnya, Pilkada Palembang dan Pilgub Sumsel berjalan cukup lancar dan itu akan dicoba diulang kembali pada Pileg dan Pilpres nanti.

Kesiapan untuk mengantisipasi keamanan Pileg 2014 nanti juga diungkapkan oleh Brigadir Jendral Polisi (Brigjend Pol) Oerip Soebagiyo, yang baru saja dilantik menjadi Wakapolda Sumsel menggantikan Brigjen Pol Zulkarnain.

Oerip mengatakan,  pihaknya sudah mengetahui langkah-langkah keamanan apa yang harus dilakukan dalam pengaman Pileg dan Pilpres nanti. Sebab itu, ia merasa, tidak perlu canggung dengan jabatan baru yang kini diembannya.

“Paling yang saya butuhkan mengenali kebiasaan dan tingkah laku masyarakat Sumsel. Pasalnya, saya belum pernah menginjakkan kaki di Sumsel dan baru tiba di Palembang Kamis (3/4) untuk menghadiri acara pelantikan ini,” kata Oerip.

Untuk itu, Oerip akan belajar banyak dengan Saud dan anggota Polda Sumsel yang lain untuk lebih memahami karakter masyarakat Sumsel. Ia pun berjanji, begitu masa Pileg nanti tiba, ia sudah siap 100 persen menjalani tugasnya sebagai Wakapolda Sumsel.

Sementara itu, Zulkarnain, yang menggantikan Oerip mengisi jabatan Wasidik Polda Sumsel, mengucapkan terima kasih atas disambut baik dirinya selama menjalani tugas sebagai Wakapolda Sumsel.

Selain jabatan Wakapolda Sumsel, jabatan Irwasda Polda Sumsel juga ikut diganti. Jika sebelumnya Irwasda dijabat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Amhar A, maka penggantinya yakni Kombes Pol Sukisto. Sebelumnya, Sukisto memiliki jabatan di SDM Mabes Polri, sementara Amhar akan mengisi jabatan di Interpol Mabes Polri.

 

Teks    : Oscar Ryzal

Editor   : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster