Jelang Pemilu, Ogan Ilir Siaga Satu

 148 total views,  2 views today

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat

INDERALAYA – Situasi dan kondisi Kabupaten Ogan Ilir jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu), Calon Anggota Legislatif (Caleg), 9 April 2014, aman dan terkendali. Meski demikian, Ogan Ilir masuk kategori siaga satu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat, Minggu (6/4/2014), saat dihubungi via selular.

“Ya, untuk kondisi saat ini Alhamdulillah aman dan kondusif. Semua wilayah Ogan Ilir terbilang aman. Meski demikian masuk siaga satu,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, sebanyak  294 anggota dan 16 perwira sudah siap diterjunkan untuk melakukan pengamanan Pemilu. Para personil baik yang berpakaian lengkap

maupun  preman sudah ditempatkan di beberapa titik seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS), maupun titik rawan kriminalitas.

“Selain itu juga anggota disiagakan untuk mengawal pendistribusian surat suara, pelaksanaan hingga mengawal kembali kartu suara ke kantor KPUD OI,” urainya.

Disinggung TPS rawan, Kapolres menjelaskan, sejauh ini, ada dua titik TPS yang dinilainya rawan. TPS pertama yakni berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Tanjung Raja, dan TPS Lubuk Keliat.

“Kalau di Lapas ada dua TPS. Kami nilai rawan karena Lapas kerap terjadi perseteruan. Namun demikian, kami sudah siapkan petugas untuk mengamankan pemungutan suara di Lapas. Kalau untuk Lubuk Keliat, wilayah tersebut merupakan wilayah yang kerap terjadi tindakan kriminalitas. Kerawanan akan suara suara berpotensi terjadi, namun kami sudah melakukan antisipasi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, untuk wilayah perairan juga dinilai rawan. Namun pihaknya telah melakukan koordinasi baik melalui PPK maupun anggota personil yang bertugas untuk melakukan pengawalan ekstra.

“Selain Polisi, kita juga dibantu TNI untuk mengamankan Pemilu. Kita ingin pelaksanaan Pemilu di Ogan Ilir berjalan aman, lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas. Kita juga lakukan razia-razia di setiap titik rawan kejahatan. Kami himbau, tokoh partai politik, para caleg untuk sama-sama menjaga kamtibmas. Ini demi terciptanya Pemilu yang damai dan aman,” imbuhnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

Editor   : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster