Distribusi Logistik Pileg 2014 Belum Selesai

 115 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Distribusi logistik Pemilu Umum Legislatif (Pileg) 2014, di Palembang nampaknya belum selesai. Pasalnya sampai Sabtu (5/6) malam, distribusi baru selesai di dua kecamatan yakni Alang-Alang Lebar (AAL) dan Sukarame. Padahal ada 16 kecamatan di Palembang.

“Distribusi logistik, baru selesai di dua kecamatan. Itu juga, belum seluruhnya karena yang dikirimkan baru surat suara saja,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Abdul Karim Nasution, kemarin.

Sementara untuk beberapa formulir seperti C1 dan lainnya, saat ini menurut Karim, KPU masih melakukan penyusunan. Secepatnya kata dia, itu akan dikirimkan. KPU terang Karim, memang memprioritaskan distribusi surat suara dan sebagaian kelengkapan TPS. Karena untuk penempelan hologram, tidak mudah sebab waktunya sangat sempit.  “Tetapi, kami optimis pada 9 April, semuanya sudah lengkap di TPS,” ujarnya.

1.200 Personil

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort (Polres) Kota Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting menyebut, ada 1.200 personil yang diterjunkan untuk pengamanan pemungutan suara Pileg, 9 April mendatang.

“Mereka akan disebar di TPS, dengan pola satu polisi mengamankan tiga TPS dibantu dua linmas. Sementara untuk daerah rawan, seperti daerah perairan atau perbatasan kota,  dua poliisi akan mengamankan empat TPS,” jelas Sabaruddin yang dibincangi usai apel siaga Satuan Linmas di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, kemarin.

Sabarudin menjamin, pileg di Palembang tidak akan ada kecurangan di TPS, baik pada saat pemungutan suara maupun rekapitulasi suara. Menurutnya, dalam menyukseskan hal tersebut, pihaknya juga membutuhkan bantuan semua pihak. “Semoga kita terhindar dari segala bentuk kecurangan, apabila memang ditemukan kecurangan, kami akan tindak, dengan cara koordinasi dengan KPU,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo meminta tenaga linmas untuk berkoordinasi dengan semua pihak, dalam pengamanan Pileg.  “Semua harus koordinasi baik dengan Sat Pol PP, Polri, TNI dan instansi terkait lainnya, agar semua yang kita harapkan dapat terlaksana,” ujarnya.

Harnojoyo juga berharap peran aktif  tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat, untuk  meminimalisir terjadinya kecurangan dalam Pileg. “Semuanya harus bekerjasama, peran serta semua pihak sangat diperlukan, untuk mensukseskan pileg tahun ini,” tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster