Caleg Terancam Pidana Jika Kampanye Dimasa Tenang

 251 total views,  2 views today

MUARAENIM – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Muaraenim, Budi Haryanto menegaskan, jika dimasa tenang ini ada partai politik (parpol) ataupun calon legislatif (caleg) melakukan kampanye, maka dapat dipidana. Hal ini menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Pemilu No 8 tahun 2012.

“Sanksinya pidana, diancam dua tahun penjara, kalau ada caleg terbukti melakukan kampanye dimasa tenang, karena diluar jadwalnya,” kata Budi ketika dibincangi di ruang kerjanya, Minggu (6/4).

Oleh sebab itu, ia menghimbau masing-masing parpol atau para caleg agar mentaati aturan itu. Terkait, alat peraga kampanye (APK), Budi sangat menyesalkannya, sebab masih ada ditemukan di setiap sudut kota, termasuk di pemukiman warga.

Padahal Panwaslu sebutnya, telah mengirimkan surat rekomendasi agar APK untuk dicopot  kepada masing-masing parpol yang ada di Kabupaten Muaraenim. Namun kenyataannya APK, masih ditemukan.

“Memang, sebagian APK telah dicopot oleh parpol atau caleg. Karena APK itu telah tersebar banyak, kadang kalah tidak semuanya diturunkan. Kenapa tidak semua APK diturunkan, mungkin caleg keterbatasan dana,” lanjut Budi.

Dilanjutkan Budi, pihak juga telah merekomendasikan kepada Sat Pol PP, dan pihak kecamatan agar membersihkan APK yang masih berkeliaran di jalan kota maupun pemukiman warga. “Khusus temuan politik uang, hingga sekarang ini, kita belum ada,” tukasnya.

 

TEKS      : SISWANTO

EDITOR   : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster