Panwaslu Pastikan Independen

 199 total views,  4 views today

ilustrasi

ilustrasi

PAGARALAM – Proses perhitungan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April nanti, tentunya menjadi penantian final bagi calon legislatif (caleg) yang berkompetisi merebut kursi di lembaga wakil rakyat.

Sementara sisi lain, proses penghitungan suara dianggap kegiatan yang kritis dan menegangkan. Mengingat hal itu secara tidak langsung, para caleg dapat lebih cepat lagi melakukan penghitungan perolehan suara sementara dengan menunjuk perwakilan yaitu saksi TPS maupun saksi bayangan dalam mendapatkan formulir C1.

Kendati demikian tak dipungkiri, kekhawatiran terrhadap kecurangan yang terjadi pada saat penghitungan suara di TPS pun menjadi perhatian penuh  bagi para caleg. Termasuk berbagai persoalan terjadinya pelanggaran ataupun kecurangan pada pemilu itu tentunya akan menjadi sorotan khusus pada kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebagai salah satu payung hukum yang berhak menegakkan kebenaran pada pemilu mendatang.

Ketua Panwaslu Kota Pagaralam sekaligus membawai Divisi Pengawasan dan Penindakan, Haidir Murni SH mengemukakan, pihaknya akan ekstra memperketat pengawasan pemilu maupun bersikap independen.

“Pastinya, kita akan perketat pengawasan hingga pihak KPU memplenokan hasil akhir dari pemilihan legislatif 2014,” kata Haidir kemarin.

Tegasnya, ia akan bersikap indenpenden dalam melakukan pengawasan, terlebih lagi pada saat proses penghitungan suara.

“Kita tidak ada keberpihakan dengan salah satu caleg manapun soal pengawasan penghitungan suara,” katanya seraya berujar akan menolak bila nantinya ada caleg yang meminta agar memberikan pengwasan khusus untuk alasan mengamankan perolehan suara.

Disampaikannya, ranah pengawasan Panwaslu berlaku untuk semua bukan untuk individu caleg.

“Tentang perolehan suara sah, semua berpedoman kepada  C1 yang diterima oleh Saksi, PPL dan KPU,” tegasnya.

 

TEKS        :ANTONI STEFEN

EDITOR      :RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster