KPU Sebut Panwas Tidak Mengerti

 214 total views,  2 views today

– Terkait Keberatan Panwaslu Terhadap DPT

BANYUASIN – KPU Banyuasin menilai Panitia Pengawas Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuasin, tidak mengerti jalan cerita tetang keluarnya daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Banyuasin saat ini. sehingga mempersoalkan jumlah pemilih yang di DPT yang mencapai  57.131 pemilih.

Ketua KPU Banyuasin, Dahri mengatakan data pemilih tetap saat ini sudah final, karena sudah melalui verifikasi KPU pusat melalui sistim sidalih. “Mungkin karena Panwas tidak mengerti saja, sehingga mereka komplain,” ucapnya saat dimintai tanggapannya terkait adanya keberatan yang disampaikan Panwaslu Banyuasin terhadap pemilih tetap di Banyuasin, kemarin.

Dahri yang ditemui usai rapat kordinasi bersama Forum Pimpinan Daerah dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh camat di Kabupaten Banyuasin di ruang auditorium Pemkab Banyuasin menyebut, dari verifikasi yang dilakukan KPU RI, tidak ditemukan adanya pemilih ganda di Banyuasin.

Dijelaskannya bahwa pada rapat pleno pertama yang dilakukan KPU Banyuasin, yang menyatakan terdapat ribuan daftar pemilih tetap ganda itu, hanya untuk internal dan bukan untuk konsumsi publik

“Saat itu, kita mengadakan rapat internal terkait permintaan jumlah daftar pemilih sementara oleh KPU pusat. Sehingga kita kirimkan daftar pemilih sementara, sesuai daftar pemilih saat Pemilukada Banyuasin beberapa bulan yang lalu. Namun itu sifatnya, baru sementara dan untuk internal KPU. Namun setelah di verifikasi oleh KPU melalui sistim Sidalih, maka kita tetapkan,” ucapnya.

Sebelumnya, informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, Panwaslu Banyuasin menolah jumlah pemilih tetap dalam DPT Banyuasin untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, yang telah ditetapkan KPU Banyuasin.

Sedikitnya sebanyak 2.829 pemilih ditolak oleh Panwaslu Banyuasin, karena tidak sesuai dengan rapat pleno KPU, yang menyatakan 57.131 pemilih terdapat  2.829 pemilih ganda. Panwas berpendapat, seharusnya KPU Banyuasin menghapus jumlah pemilih yang dikatakan ganda, sesuai rapat yang digelar Januari lalu oleh KPU Banyuasin.

 

TEKS         : DIDING KARNADI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster