Granat Aktif Sempat Dibawa Ibrahim

 400 total views,  4 views today

penemuan granat yang diduga masih aktif oleh Ibrahim (71)

penemuan granat yang diduga masih aktif oleh Ibrahim (71)

INDERALAYA – Warga Dusun VI, Desa Sakatiga, Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, dihebohkan dengan adanya penemuan granat yang diduga masih aktif oleh Ibrahim (71), tepat dibelakang rumahnya saat menggali tanah untuk membuat septi tank.

Namun sayang, lantaran ketidaktahuan terhadap benda tersebut, penemuan granat baru dilaporkan satu bulan mendatang. Ibrahim, penemu granat tersebut juga sempat membawa granat tersebut ke tetangga sekitarnya.

Informasi yang didapat, benda menyerupai granat ditemukan satu bulan lalu dibelakang rumah saat Ibrahim pemilik rumah menggali tanah untuk membuat septi tank.

Namun, saat kedalaman 1,5 meter, pemilik rumah terkejut saat melihat benda mirip granat ditemukan. Penasaran, granat tersebut diambil dan disimpan di dalam rumah.

Sang pemilik rumah yang belum pasti mengetahui benda tersebut beberapa kali dibawanya dan diperlihatkan kepada tetangga.

Para tetangga meyakinkan jika benda tersebut adalah granat yang diduga masih aktif dan merupakan peninggalan jaman belanda. Khawatir meledak, Ibrahim lalu memberitahukan kerabatnya yang juga anggota Polsek Inderalaya.

Benar saja, benda tersebut merupakan granat dan langsung melaporkannya ke reskrim Inderalaya dan diteruskan ke satuan brimob. Tidak berapa lama, anggota Satbrimobda Polda Sumsel, Kompi 2, Detasemen C yang bermarkas di Desa Tanjung Sejaro, Kecamatan Inderalaya, Ogan Ilir datang ke lokasi.

Setelah memastikan bahwa benda yang sudah di bawa ke mana-mana oleh Ibrahin ternyata sebuah granat dan mengandung unsur loga setelah dicek dengan alat Metal Detaktor, Komandan Kompi (Danki),  Kompi 2, Detasemen C, Iptu Widia langsung menghubungi Tim Gegana Polda Sumsel.

Setelah dilokasi, Tim gegana langsung melokalisir dan mengevakuasi granat tersebut ke dalam mobil gegana.

Kedatangan Tim Gegana Polda Sumel terkait adanya penemuan granat menyedot perhatian warga sekitar. Warga berbondong-bondong silih berganti ke lokasi untuk melihat granat tersebut.

Ketua tim penjinak bom Satbrimob Polda Sumsel, Aipda Nur Alim mengatakan, benda tersebut mirip granat. Namun, pihaknya masih melakukan penyelidikan di Mapolda Sumsel.

“Untuk aktif dan jenisnya masih kita selidiki. Namun dilihat dari fisik seperti granat peninggalan Belanda,” tuturnya.

Sementara itu Ibrahim, pemilik rumah mengatakan, hampir satu bulan, granat tersebut sempat dibawa dan diperlihatkan ke tetangga. “Saya tidak tau Mas, kalau tahu granat pasti sudah lapor. Eh ternyata benar granat. Alhamdulillah ga meledak,” singkatnya.

 

Teks        : Junaedi Abdillah

Editor       : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster