29 % Wilayah Muaraenim Masih Gelap

 237 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

MUARAENIM – Belum semua masyarakat Muaraenim, ternyata bisa menikmati listrik. Masih banyak desa di kabupaten ini, yang masih gelap gulita. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Muaraenim, Yulius melalui Kepala Bidang (Kabid) Energi, Edi Erson, tak memungkiri itu.

Ia menyebut, berdasarkan data dari PT PLN Cabang Lahat, baru 71 persen saja desa di Muaraenim yang teraliri listrik. Sedangkan 29 persennya lagi, belum menikmati aliran listrik. Hal ini dikatakan Edi, dikarenakan kondisi geografis Muaraenim.

“Wilayah Muarenim, ada wilayah yang sulit dijangkau listrik. Dikarenakan, sebagian wilayah perbukitan  seperti di kawasan Semende, dan wilayah perairan serata rawa-rawa seperti di Kecamatan Muara Belide, Kelekar dan Sungai Rotan,” kata Edi, kemarin.

Karenanya sebut Edi, Distamben Muaraenin kedepannya akan berupaya melakukan terobosan melalui peningkatan jaringan listrik baru seperti, emasangan KWH gratis dan membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) serta pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim pun terangnya, tahun ini sudah menganggarkan dana Rp 2 miliar di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Muaraenim 2014, untuk pemasangan instalasi  listrik gratis yang diperuntukan bagi 1000 Rumah Tangga Miskin (RTM). “Pemasangan  instalasi listrik gratis ini,  untuk 1000 RTM. Mudah-mudahan pertengahan tahun ini  akan mulai berjalan,”  ucapnya.

Dikatakan Edi, pemkab mencanangkan program tersebut agar warga yang tidak mampu dapat menikmati  listrik. Sebab, sebagian wilayah Muaraenim tidak semuanya tersentuh aliran listrik, yang sebagian wilayahnya terdiri daerah perbukitan, perairan dan daerah rawah.

Dijelaskan Edi, nantinya, dari perangkat desa maupun kecamatan mendata warganya yang belum terpasang instalasi listrik. “Program ini gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. Program ini, bagi warga yang tidak mampu,” ujar Edi.

Diharapkan nantinya, semua warga di Muaraenim, telah menikmati listrik. Disebutkan Edi, wilayah yang akan menikmati program tersebut, diantaranya, Kecamatan Kota Muaraenim empat  Semendo (SDU,SDT, SDL dan SDU), lalu, Gunung Megang, Gelumbang, Kelekar, Sungai Rotan, Belide Darat, Muara Belide, dan Luba

 

TEKS        : SISWANTO

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster