Tekan Penyalagunaan Narkoba

 159 total views,  2 views today

ilustrasi (foto: Thinkstock)

ilustrasi (foto: Thinkstock)

PAGARALAM – Upaya menekan angka penyalagunaan bahaya narkotika dan obat-obat berbahaya lainnya (Narkoba), Badan Narkotika Nasional Kota Pagaralam giatkan sosialisasi agar generasi penurus bangsa dapat memeranggi bahaya laten tersebut.

“Penyimpangan prilaku seseorang yang berkaitan dengan penyalagunaan narkoba hingga menimbulkan kecanduan dan ketergantungan obat-obat perlu dilakukan rehabilitasi,” kata As herman Hulu SPd, saat menjadi narasumber di kantor BNN Kota Pagaralam dengan Tema Narkoba dan Efek Penyalagunaan Narkoba, Kamis (3/4).

Menurutnya, obat-obatan psikotrapika yang banyak di dapatkan di penyalur apotik maupun dokter sangat perlu dibatasi, karena dapat menimbulkan kecanduan dan ketergantungan bagi yang menggunakannnya.

“Para pemakai cendrung untuk menambah dosis, sebab itu mesti disesuaikan dengan kebutuhan tubuh,” katanya seraya berujar penggunaan narkoba merupakan penyimpangan prilaku seseorang yang berkaitan dengan penyalagunaan obat-obatan, akibat pola penggunaan obat yang bersifat patologik (tidak sehat).

Jika sudah begini lanjutnya, bagi pecandu yang sudah ketergantungan wajib di selamatkan dengan melakukan rehabilitasi. “Rehabilitasi bagi pecandu dan ketergantungan dapat dilakukan melalui medis dan trafi religi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BNN setempat, Sudran Gafar SSos mengatakan, pihaknya tengah berupaya mengiatkan penyuluhan ke seluruh lapisan masyarakat hingga jajaran pemerintahan maupun lembaga pendidikan.

“Kegiatan ini terus kita giatkan dalam rangka menekan angka penyalagunaan narkoba, apalagi bahaya laten ini setiap saat selalu mengintai,” terangnya seraya berkata katakan tidak pada narkoba, karena narkoba merusak masa depan manusia.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster