Kasus Wawako Palembang Dihentikan

 236 total views,  2 views today

Harnojoyo. (Wakil Walikota Palembang)

Harnojoyo. (Wakil Walikota Palembang)

– Polda Keluarkan SP3

PALEMBANG – Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Harnojoyo nampaknya bisa tersenyum lebar. Pasalnya, kasus  hukum yang dihadapinya di Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, dihentikan penyidikannya.

Kepastian ini didapatkan, setelah Polda Sumsel mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) dengan Nomor Surat Ketetapan Nomor : S Tap/133.b/IV/2014/Ditreskrimum.

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumsel, Kombes Pol Eddy Moestofa. Dalam surat tersebut dijelaskan, penghentian penyidikan atas perkara  atas nama Harnojoyo, warga Jalan Alammsyah Ratu Prawira Negara, No 364 Rt 008 Rw 002, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus Palembang,  terhitung tanggal 1 April 2014, dikarenakan tidak cukup bukti.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumsel, Kombes Pol R Djarod Padakova yang dikonfirmasi, Kamis (3/4), membenarkan penghentian penyidikan tersebut. Menurunya, SP3 itu sudah disampaikan kepada orang nomor dua di kota pempek ini pada Rabu (27/3) siang. “Sudah kita sampaikan kepada yang bersangkutan, setelah SP3 itu keluar,” kata Djarod.

Djarod menjelaskan, diterbitkannya SP3 dalam kasus tersebut dikarenakan dari hasil gelar perkara yang sudah dilakukan, tidak ditemukan dua alat bukti yang cukup. “Karenanya, dari hasil gelar perkara itu diusulkan untuk diterbitkan SP3,” jelasnya.

Namun menurut Djarod, tidak menutup kemungkinan jika kasus tersebut bisa dinaikkan kembali. Asalnya, ditemukan bukti baru dan ada alasan kuat untuk membuka kembali kasus tersebut.

Sebagai informasi, kasus hukum yang menjerat Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang ini berawal dari laporan mantan calon wali kota (cawako) Palembang, Sarimuda ke Polda Sumsel pada 4 Januari 2014 lalu.

Dalam laporannya, Sarimuda menuding kalau Harnojoyo diduga telah melakukan pemalsuan surat usulan dalam penetapan pasangan calon wawako (cawawako) Palembang terpilih ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pemalsuan itu sebut Sarimuda, dalam laporannya dilakukan terlapor saat  menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Palembang.

Pada Selasa (11/2), Harnojoyo diperiksa secara diam-diam oleh penyidik Polda Sumsel. Ia dimintai keterangan selama kurang lebih dua jam tepatnya sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Wawako Palembang, Harnojoyo saat di konfirmasi, kemarin juga membenarkan telah menerima SP3 tersebut dari Polda Sumsel. “Ya, suratnya sudah saya terima kemarin (Rabu). Terbitnya surat ini menunjukkan, kalau saya tidak bersalah,” kata Harnojoyo.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang ini menyayangkan, adanya laporan tersebut. “Laporan itu, sudah mencemarkan nama baik saya sebagai Wawako Palembang. Keluarnya SP3 ini menunjukkan kalau apa yang saya lakukan, sudah sesuai peraturan,” tukasnya.

 

TEKS           : OSCAR RYZAL

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster