Iskandar SE Digelari “Ndo Barap Pangeran Raksaguna”

 482 total views,  2 views today

Iskandar SE dan Istri resmi dinobatkan menjadi Pangeran Raksaguna

Iskandar SE dan Istri resmi dinobatkan menjadi Pangeran Raksaguna

– Gelar Disematkan Warga Pedamaran.

KAYUAGUNG – Bupati OKI Iskandar SE, mendapat gelar kehormatan dari masyarakat Kecamatan Pedamaran, Ndo Barap Pangeran Raksaguna. Dan Nyi Pangeran Linda Sari Raksaguna.

Prosesi pengukuhan gelar kehormatan kepada pemimpin OKI tersebut berlangsung khimat, dengan diarak keliling kampung dan disambut masyarakat setempat dengan rasa kegembiraan. Acara pemberian gelar tersebut yang dilaksanakan di balai pertemuan desa Pedamaran 3, Kamis (3/4).

Ediman Kalung Aseh, Ketua Lembaga Adat eks Marga Danau Pedamaran menyebutkan, pemberian gelar kehormatan kepada bupati OKI, sebagai Ndo Barap Pangeran Raksaguna, sangat tepat. Karena Iskandar merupakan pemimpin yang memiliki karismatik seperti Pangeran Raksaguna dimasa kepemimpinanya selama memimpin Pedamaran.

“Kami menilai sosok Pangeran Raksaguna ada pada diri Iskandar SE, maka kami tak salah memilih orang untuk memberi gelar kehormatan kepada beliau” ungkapnya.

Berdasarkan sejarah Kecamatan Pedamaran, dulunya bernama Marga Danau, pada tahun 1873 – 1877 dipimpin seoranga raja bernama Pangeran Raksaguna yang lahir di desa Pedamaran 1. Selama 40 tahun memimpin beliau dinilai sebagai sosok pemimpin yang bijaksana dan berwibawa.  Ikon peninggalan pangeran Raksaguna berupa masjid Jamik yang terletak di desa Pedamaran 2 yang hingga kini masih berdiri kokoh.

Ndo Barap Pangeran Iskandar  Raksaguna dalam sambutannya, mengatakan,  dirinya merasa terharu dan kebanggaan atas dianugrahkannya gelar kehormatan Ndo Pangeran Iskandar Raksaguna kepadanya. Dan ini kata dia, akan menjadi catatan sejarah bagi keluarganya yang tidak akan dilupakan kepada masyarakat di Bumi Urang Diri, Pedamaran.

Menurut Iskandar, sebelum menjadi bupati dirinya sudah terjalin hubungan silaturahmi dengan masyarakat Pedamaran. Dimana masyarakat Pedamaran telah bekerja keras untuk menghantarkannya menjadi Bupati OKI.

“Saya akan jaga gelar yang dianugrahkan kepada saya dan istri saya, yang diaplikasikan dengan memimpin OKI agar lebih baik kedepan,” tandasnya. (ADV)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster