Atribut Caleg PDIP Dirusak

 315 total views,  2 views today

 

ilustrasi partai pdip

ilustrasi partai pdip

PALEMBANG – Menjelang berakhirnya masa kampanye dan kian dekatnya pemungutan suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang, persaingan antar calon anggota legislatif (caleg) semakin ketat.

Bahkan ada dugaan intervensi dan intimidasi oknum pemerintah, terhadap caleg dengan tujuan beragam. Hal inilah yang dialami Yulia Sari, caleg DPRD Sumsel dari PDI Perjuangan di daerah pemilihan (dapil) Sumsel 2.

Atribut kampanye caleg nomor urut enam ini, dirusak. “Ada enam atribut kampanye yang dipasang di halaman rumah warga di Jalan Mayor Zen, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Rabu (2/4) malam, dirusak oleh oknum kecamatan,” tuding Ketua Tim Pemenangan Yulia Sari, Ahmad Yohan yang dibincangi, Kamis (3/4).

Menurut Yohan, tidak hanya atirbut kampanye yang dirusak, oknum petugas kecamatan yang terdiri empat orang tersebut terangnya, juga merusak gerobak pedagang es yang ada atribut kampanye Yulia Sari. “Kami tidak tahu alasannya, kenapa hanya atribut milik Yulia Sari yang dirusak. Sementara atribut caleg lainnya, tidak ada yang dirusak,” terangnya.

Diturunkannya secara paksa atribut kampanye milik “jagoan” nya tersebut menurut Yohan, tanpa melalui izin pemilik gerobak es tersbeut. Bahkan saat kejadian sebutnya, pemilik gerobak tersebut hanya bisa ketakutan dan tidak bisa menghalangi tindakan empat oknum petugas kecamatan tersebut.

Ia mengaku, memang sebagaian besar basis suara Yulia Sari ada di Kecamatan Kalidoni. Kemungkinan pengrusakan itu sebutnya, bagian dari intimidasi kepada warga agar tidak memilih Yulia Sari saat pemungutan suara mendatang.

“Persoalan ini, akan kami sampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Panwaslu kami desak, untuk memproses pengrusakan atribut kampanye tersebut, agar kejadian ini tidak terulang dan menciderai pesta demokrasi saat ini,” ujarnya.

Ia menerangkan, pengrusakan tersebut sudah dilaporkan ke anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalidoni, Awi. Panwascam bebernya, sudah berjanji akan menindaklanjuti pengrusakan tersebut dengan melaporkannya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang.

“Tidak hanya melapor ke Panwascam, kejadian ini juga sudah kami sampaikan ke fungsionaris DPP PDI Perjuangan, Nazaruddin Kiemas dan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Eddy Santana Putra,” tegasnya.

Terpisah, anggota Panwaslu Kota Palembang, Amrullah menyebut, belum dapat memberikan komentar karena belum mendapatkan laporan dari Panwascam setempat. “Saat ini kita sedang melakukan Bimtek PPL di Kertapati, nanti akan kami tanyakan kepada Panwascam Kalidoni,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster