Puting Beliung di OKU Selatan Puluhan Rumah Porak-poranda

 346 total views,  4 views today

Puluhan Rumah Porak Poranda akibat angin puting beliung terjadi di Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan

Puluhan Rumah Porak Poranda akibat angin puting beliung terjadi di Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan

MUARADUA – Setelah gempa berkekuatan 5,4 skala richter (SR), mengguncang tiga desa di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan, kini giliran angin puting beliung yang menyapu Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan, kemarin (1/4) sekitar pukul 17.15 WIB.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, Rabu (2/4), angin puting beliung ini meluluhlantakan rumah-rumah penduduk yang ada di desa tersebut. Sedikitnya ada tiga rumah yang mengalami rusak parah, dan 20 rumah mengalami rusak ringan.

Selain merusak rumah-rumah penduduk di Desa Majar, angin puting beliung ini juga menyebabkan satu warga mengalami luka ringan. Korban dimaksud adalah Jumiati, warga Desa Majar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, Mahfi Abubakar yang di konfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan, Irhadi, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Ya, kemarin (Selasa) sore, angin puting beliung terjadi di Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan. Kita sudah meninjau lokasi, usai mendapatkan laporan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan juga sudah menetapkan status tanggap darurat disana,” kata Irhadi, kemarin.

Dari pendataan yang dilakukan BPBD OKU Selatan, angin puting beliung tersebut jelasnya menyebabkan tiga rumah penduduk mengalami rusak berat dan 20 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Namun terangnya, besar kemungkinan kerusakan yang disebabkan angin puting beliung itu bertambah.  “Saat ini, kita masih melakukan pendataan jumlah rumah dan kerugian lainnya, akibat angin puting beliung tersebut,” ucapnya.

Ia juga memperingatkan warga di Kabupaten OKU Selatan, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan adanya bencana. “Kabupaten OKU Selatan, merupakan daerah yang berpotensi mengalami berbagai bencana seperti banjir, tanah longso, angin puting beliung maupun gempa bumi. Karenanya kita minta masyarakat, untuk tetap waspada dan terus mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana tersebut,” tukasnya.

 

TEKS          : FITRI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster