Panwaslu Bersifat Sementara

panwaslu

PAGARALAM – Upaya menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dengan baik, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam kunjungi sejumlah jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pagaralam. Hal itu dikemukakan Ketua Panwaslu Kota Pagaralam, Haidir Murni SH, kemarin (2/4).

Menurutnya, menjelang Pemilu 2014 yang tinggal menghitung hari, jajaran Panwaslu mulai tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan giatkan kinerja dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi khususnya di Bumi Besemah ini.

“Pelaksanaan hari hari tinggal di depan mata, mari laksanakan tugas sesuai dengan tupoksi dalam mengawasi jalannya pemilu,” kata Haidir.

Dalam menjalankan tugas Panwaslu lanjut Haidir, pihaknya merasa binggung dengan kedudukan Panwaslu. Karena ada kesamaan kedudukan dengan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam sebagai penyelenggara, tapi statusnya berbeda.

“Kedudukan sama, tapi KPU daerah hingga pusat bersifat permanen atau tetap. Sedangkan Panwaslu tingkat daerah hingga pusat bersifat adhock (sementara),” terangnya seraya berujar hal ini dirasa sungguh aneh.

Ia menegaskan, padahal kinerja Panwaslu selalu dibutuhkan baik dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada), Pileg hingga Pilpres.

“Meski begitu, sejauh ini kita tidak mempersoalkan lebih lanjut. Kita tetap menuruti aturan dari Bawaslu Pusat,” katanya seraya berkata semoga status Panwaslu nantinya akan dilakukan hal yang sama yakni tetap.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com