Noviadi, Sang ‘Pejuang’ Jiwa Sosial

 2,573 total views,  2 views today

Ahmad Wazir Noviadi

Ahmad Wazir Noviadi

Menjalani panggilan jiwa dan hati. Lalu, menyeimbangkan kesadaran sosial dan aksi nyata. Inilah alasan utama Ahmad Wazir Noviadi  berani mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif dari Partai Golkar dengan Nomor 1 di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Ogan Ilir yaitu Muarakuang, Rambangkuang, dan Lubuk Keliat.

Cerita itu berawal dari sebuah program acara Indonesia Lawyer Club yang ditayangkan live televisi swasta, tak dinyana membuat Ahmad Wazir Noviadi sangat terkesan. Apa muasalnya? Kebetulan tema yang dibahas soal PMI menjadi perdebatan hangat para anggota dewan ketika itu.

“Jadi, Dewan menghabiskan dana ratusan juta rupiah hanya demi sebuah logo PMI. Justru masih banyak program-program sosial yang harus diprioritaskan. Itu kesimpulan yang saya tarik,” cetus Ahmad Wazir Noviadi yang akrab dipanggil Ovi ini memulai perbincangan dengan Kabar Sumatera, Rabu (2/4).

Tak ada ambisi yang bisa diraih tanpa adanya kerja keras. Sebab itu, Ovi sangat berkeyakinan dengan ungkapan seperti itu. Apa yang dilaluinya saat ini boleh dikata sarat dengan berbagai episode kehidupan yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan.

Sedari kecil, motivasi hidup itu pun tertanam dalam diri Ovi begitu kuat. Sehingga nyaris tidak ada kosakata gagal dalam hidupnya. Tak heran, Ovi pun dikenal profesional yang tekun dan disukai oleh banyak kawan.

Tak hanya itu, nama Ahmad Wazir Noviadi cukup dikenal sebagai sang penggerak organisasi Karang Taruna di Kabupaten Ogan Ilir. Bahkan, di kalangan anak-anak muda yang berdomisili di Ogan Ilir sebagai seorang entertainer yang handal.

Kini, sosok kelahiran Palembang, 22 November 1988 ini telah dikenal luas sebagai generasi muda yang selalu mendahulukan jiwa sosial terutama berkait tentang kemasyarakatan.

“Insyaallah jiwa sosial yang saya miliki sampai kapanpun tak akan hilang ditelan zaman. Ini sudah menjadi komitmen saya,” ungkap adik kandung Fitri Yulianti, Isnaini, Zaitun, dan kakak dari Panca Wijaya Akbar ini.

Partai Golkar adalah jembatan bagi Ovi dalam melabuhkan jiwa sosialnya. Dengan memantapkan niat dan hatinya, Ovi pun memberanikan diri terjun sebagai politisi muda Partai Golkar.

“Jujur, apa itu berpolitik, sudah saya dengar sedari kecil. Ada bermacam-macam karakter orang yang berpolitik. Nah, di sini, saya lebih banyak memandang politik itu secara psikologi. Yang jelas, jika saya masuk ke wilayah politik otomatis ini bagian media saya dalam pengabdian,” tuturnya.

Tak luput pula Ovi membagi pandangannya tentang Partai Golkar. Bahwa Partai Golkar sesungguhnya berbicara tentang Presiden Soeharto. Andai boleh mengungkit sejarah, maka Soeharto-lah yang telah membuka jalan kemerdekaan yang dicita-citakan.

“Ya, antara pemimpin yang satu dengan yang lain mungkin berbeda. Namun, di mata saya konsep kepemimpinan Pak Harto patutlah kita contoh. Ada rezim reformasi di mana semua orang berhak dan bebas bicara. Kalau sudah begitu, siapa lagi yang mau didengar?,” kata Ovi balik bertanya.

Ovi yang lama membidani organisasi kepemudaan di Ogan Ilir ini mengaku Partai Golkar adalah partai yang sifatnya terbuka dan modern.  Makanya, ujar Ovi.

“Karena saya ingin belajar dan terjun ke politik, maka belajarlah saya di tempat yang sudah teruji,” sambung Ovi yang pernah tergabung di organisasi Komunitas Mahasiswa Psikologi Progesif UII Yogyakarta dan Kabupaten Ogan Ilir.

Apa modal yang dibawa Ovi jika nanti terpilih sebagai wakil rakyat di Dapil 5 Ogan Ilir? Dengan lugas ia memaparkan, ada banyak hal yang akan ia tunaikan untuk rakyat di Ogan Ilir. Salah satunya ia akan membangkitkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Nah, kenapa di mana-mana banyak pengangguran? Itu akibat makin ke sini Pancasila itu tak ada arti lagi, kan?. Lalu, dari segi berpolitik, seakan-akan mengkotak-kotakan kita. Yang merah…ya, merah. Pada dasarnya itu semuanya adalah satu kesatuan. Idealnya kita memang saling bantu-membantu,” ucap jebolan SMPN 1 Palembang ini.

Lantas, ‘bekal’ lainnya? Adalah terus berkarya, pengabdian, dan membangun. Untuk itu, Ovi pun sangat konsentrasi membangun pelbagai sektor. Termasuk di dalamnya sumber daya manusia, sumber daya alam, dan peduli bidang pendidikan.

“Memang tak semudah membalik telapak tangan. Tapi, dengan Bismillah, saya coba berusaha sekuat tenaga mendayung pengabdian khususnya Dapil 5 dan Ogan Ilir. Tentunya, saya pun ingin mengembalikan rasa cinta rakyat terhadap pembangunan yang ada di Ogan Ilir,” ungkap Ovi yang kini berdomisili di Jalan Musyawarah Nomor 1 A, Perum Griya  Mitra Gandus, Palembang.

Dunia politik yang tengah diarungi Ovi dimulai dari sebuah niat dan pengabdian tiada pamrih. Kelak, Ovi pun optimistis bahwa lewat bendera Partai Golkar ini akan membawa kemajuan bagi rakyat Ogan Ilir. Semoga.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 

Biodata

Nama                        : Ahmad Wazir Noviadi

TTL                           : Palembang, 22 November 1988

Ayah                         : Ir H Mawardi Yahya

Ibu                             : Hj Fauziah Mawardi

 

Organisasi                : Ketua Karang Taruna Ogan Ilir

                                   : Pengurus Organisasi Kampus





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster