Kantor Gubernur Lama Jadi Kawasan Bisnis

 173 total views,  2 views today

– Usung Konsep One Shop Skyscraper City

Desember, Peletakan Batu Pertama

PALEMBANG – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), untuk memindahkan pusat pemerintahan di kawasan Jakabaring, ternyata bukan sekedar wacana. Buktinya, pemprov kini tengah mengkaji konsep pembangunan kompleks perkantoran baru tersebut.

Bahkan menurut Kepala Biro (Karo) Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Sumsel, Robby Kurniawan, rencananya kompleks perkantoran tersebut akan mengusung konsep One Shop Skyscraper City.

Artinya di kompleks perkantoran Pemprov Sumsel, yang akan dibangun di kawasan Jakabaring itu, nantinya tidak hanya menjadi pusat pemerintahan bagi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumsel saja.

Disana juga bakal dibangun, pusat perbelanjaan. “Nantinya, kawasan itu juga akan disulap menjadi lokasi belanja keluarga. Sehingga fungsinya tidak hanya pusat pemerintahan, tetapi juga menjadi lokasi belanja keluarga. Disana juga, akan menjadi kawasan publik, makanya kita sedang melakukan pematang konsep terlebih dulu,” kata Robby, Rabu (2/4).

Sementara untuk aktivitas pemerintahan, semua SKPD di lingkungan Pemprov Sumsel akan berada di dalam satu gedung. Karenanya untuk pembangunan kompleks perkantoran tersebut, setidaknya dibutuhkan lahan seluas 25 hektar. “Itu memang rencana gubernur. Gubernur meminta, kompleks perkantoran tersebut dibangun berdasarkan fungsi, untuk  mempermudah masyarakat yang ingin berurusan dengan pemerintah,” jelas Robby.

Menurut Robby, saat ini progres pembangunan kantor gubernur baru itu masih dalam pematangan konsep. Setelah itu, pada akhir tahun 2014 ini direncanakan sudah ada tahap awalnya, yaitu akan dilaksanakan proses peletakan batu pertama.

Robby juga menegaskan, sampai saat ini pemprov belum menunjuk pelaksana pembangunan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pemprov akan menggandeng pihak ketiga untuk pembangunan kompleks perkantoran, perbelanjaan dan areal publik tersebut.

“Tergantung finishingnya nanti. Jika memang bisa efisien, dari segi anggaran dengan memanfaatkan space lahan yang ada dan dibutuhkan, pembangunan bisa kita mulai,” jelas dia.

Jadi Kawasan Bisnis

Robby juga menerangkan, kantor Gubernur Sumsel saat ini sudah tua karena sudah berdiri sejak 40 tahun lalu. Wajar kata Robby, jika kantor gubernur tersebut dipindahkan. Jika kantor baru tersebut, sudah dibangun maka kantor gubernur saat ini yang berada di Jalan Kapten A Rivai, akan dibangun menjadi kawasan bisnis mengingat lokasinya yang strategis.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin juga mengakui akan dipindahkannya pusat pemerintahan tersebut ke kawasan Jakabaring. Namun kapan waktunya, ia menyebut masih dibahas.  “Kalau pindah ke Jakabaring, nanti kita pakai sistem Build Operate Transfer (BOT) dengan pengusaha, “ujar Alex.

Ia juga menerangkan, pengusaha yang akan membangun kantor pemprov di Jakabaring itu, nantinya akan dipersilakkan untuk memanfaatkan kantor pemprov saat ini. Waktunya bisa 30 tahun, setelah itu aset kembali menjadi milik pemprov.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster