Pemasangan Instalasi Air Bersih PDAM, Minimal Harus Ada 10 Sambungan

 1,383 total views,  6 views today

PALEMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi, belum sanggup untuk melayani kebutuhan air bersih bagi semua masyarakat Palembang. Alasannya, perusahaan daerah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ini mengaku terbentur dengan anggaran yang terbatas.

Karenanya menurut Manejer Perencanaan PDAM Tirta Musi, Inuar Rasyid, pemasangan sambungan baru baru akan dilayani jika sesuai dengan biaya operasional. Sebenarnya jelas dia, PDAM bersedia memberikan sambungan dan melayani seluruh warga Palembang untuk mendapatkan layanan air bersih.

Tapi jelasnya, PDAM memiliki keterbatasaan anggaran. Karenanya, jika pengajuan sambungan baru dirasa tidak sesuai biaya operasional yang dikeluarkan, dengan jumlah pelanggan yang mengajukan sambungan maka pengajuan sambungan baru itu ditunda. “Minimal pengajuan sambungan 10 rumah, apabila kuota tersebut sudah terpenuh, baru bisa kami pasangkan sambungan distribusi air bersihnya ,” kata Inuar, Selasa (1/4).

Inuar mengaku, PDAM tidak pernah membeda-bedakan pelanggan. PDAM sebutnya, hanya memiliki standarisasi sambungan baru. Hal tersebut dilakukan, agar biaya operasinal pemasangan jaringan baru bisa balik modal dalam beberapa tahun kedepan.

“Karena nilai sambungan baru pelanggan itu nilai termurah, jika pengajuan sambungan jaringan baru yang diajukan warga dinilai tak sebanding dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan PDAM,  maka pemasangan sambungan ditunda sementara waktu. Jika jumlah calon pelanggan yang hendak memasang sambungan baru, dirasa sesuai syarat, barulah kita pasangkan,” bebernya.

Inuar menyebutkan, PDAM tidak ingin membebani pelanggan dengan tarif lebih mahal, di atas tarif yang telah ditentukan. Karena PDAM akan menunda pengembangan jaringan baru. Jika jumlah pelanggan tidak mencukupi atau jarak sambungan satu rumah dengan rumah lainnya melebihi jangkauan yang ditetapkan.

“Jika dipaksakan pelanggan membayar beban pengembangan jaringan, karena jaraknya melebihi ketentuan PDAM, justru warga akan mengeluh dan enggan memasang air bersih,” sebutnya.

Inuar menambahkan, jika calon pelanggan baru hendak memasang sambungan air bersih, tetapi disekitar tempat tinggalnya sudah ada jaringan, maka akan lebih mudah sebab tinggal membuat sambungan baru saja.

“Berbeda halnya jika calon pelanggan mengajukan sambungan baru tapi belum terdapat jaringan PDAM di sekitar tempat tinggalnya, maka pengembangan jaringan perlu dikaji dan direncanakan dahulu secara matang,” ujarnya.

Inuar berharap, masyarakat Palembang, yang belum bisa menikmati air bersih, bersabar, dan silahkan mengajukan permohonan ke PDAM. Jika sudah memenuhi syarat, maka langsung ditindak lanjuti. “Apabila sudah penuhi, syarat kami langsung ke lapangan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI  

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster