Oknum Camat Arahkan Warga

 221 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Oknum Camat yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (31/3) berperan aktif dalam kegiatan kampanye salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dapil Sumsel 2 Hanna Gayatri.

Terlebih, dalam kampanye yang digelar di lapangan sepakbola Desa Bina Karsa, Kecamatan Mesuji Makmur, Hanafi SSos yang merupakan camat setempat diduga mengarahkan masyarakat untuk memilih caleg tersebut sembari menyebutkan angka 8 (nomor urut Partai Amanat Nasional).

“Ibu Hanna Gayatri adalah kakak kandung bupati OKI Pak Iskandar SE dan orang yang telah memperjuangkan program PPIP pusat untuk masyarakat, khususnya Kecamatan Mesuji Makmur dan OKI pada umumnya. Jadi tanggal 9 April nanti, ingat ibu Hanna Gayatri, Caleg DPR RI dari PAN,” ujar salah seorang warga, Jhon Kennedy menirukan apa yang diucapkan Camat Mesuji Makmur dalam kegiatan kampanye tersebut.

Apa yang telah dilakukan Camat Mesuji Makmur tersebut jelas merupakan pelanggaran, karena sebagai abdi negara seharusnya bersikap netral dan tidak mengarahkan masyarakat untuk memilik calon tertentu, walaupun kegiatan kampanye itu diselenggarakan dalam wilayah tugasnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten OKI, M Fahruddin, saat dikonfirmasi  mengaku pihaknya belum menerima laporan tersebut. Namun pihaknya akan melakukan investigasi dan mencari kebenaran dugaan pelanggaran yang dilakukan Camat Mesuji Makmur, Hanafi SSos dalam kegiatan kampanye tersebut.

“Kami belum mengetahuinya, tapi saat itu ada anggota Panwascam kita yang hadir di lokasi kampanye di Mesuji Makmur. Kita akan mengklarifikasi anggota kita di lapangan jika memang terjadi pelanggaran,” ujarnya Fahruddin, Selasa (1/4) siang.

Dikatakannya, jika memang ada warga yang memiliki bukti terkait dugaan pelanggaran tersebut, pihaknya mengharapkan untuk segera melapor ke Panwaslu OKI. “Jika terbukti, nantinya bisa kita rekomendasikan ke Gakkumdu. Tapi untuk sementara ini belum ada laporannya,” tandasnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster