Libur Nyepi, Hunian Meningkat

 209 total views,  2 views today

PAGARALAM – Liburan panjang akhir pekan dan Hari Raya Nyepi benar-benar dimanfaatkan warga untuk berlibur. Sehingga hal itu membuat tingkat hunian atau okupansi hotel dan penginapan yang ada di Kota Pagaralam meningkat drastis.

“Sejumlah kamar hotel, penginapan dan villa yang ada di Bumi Besemah ini banyak terisi sejak satu pekan terakhir terakhir. Bahkan para pengunjung sudah banyak yang mem-booking kamar untuk liburan dua minggu sebelumnya,” ujar Nanang pengelola Villa Pemda Lahat, Selasa (1/4).

Kata Nanang, menghadapi libur akhir pekan dan Nyepi, semua kamar hampir full booked sejak satu pekan terakhir. Selain Villa Pemda Lahat, termasuk pula Hotel Besemah, Villa Eks MTQ dan lainnya di Kompleks Gunung Gare dipesanpenuh bahkan sampai sehari setelah liburan.
“Mayoritas seluruh Villa dan Hotel di kawasan objek wisata Gunung Dempo, sejak satu minggu ini sudah banyak dihuni pengunjung yang ingin berlibur di Pagaralam,” kata Nanang.

Hal senada dikemukakan Iwan, pengurus Hotel dan Villa Besemah. Ia mengatakan, banyak pengunjung luar Pagaralam yang memesan jauh-jauh hari.

“Pengunjung yang menginap mayoritas dari luar daerah tergolong lumayan tinggi,” sebutnya.

Kebanyakan pengunjung wisata yang datang ke Pagaralam berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Muaraenim, Kabupaten Empatlawang, Kabupaten Lahat, Sumsel dan Provinsi Bengkulu. Pengunjung luar Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, memadati berbagai objek wisata, setempat, seperti perkebunan teh Gunung Dempo, air terjun Curup Embun, Lematang dan Curup Mangkok.

”Hal itu secara rutin dilakukan setiap hari-hari besar termasuk lebaran karena merupakan kebanggaan bagi warga daerah tetangga itu berwisata di kebun teh Gunung Dempo, air terjun Lematang Indah dan air terjun Curup Embun dan Curup Mangkok,” ujar Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam, H. Ibnu Hajar SE MM.

Ramainya pengunjung dari sekitar daerah di Sumsel itu sudah terlihat sejak hari Jumat dan sebagian besar banyak pula yang menginap di rumah keluarganya di Kota Pagaralam dengan menggunakan kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor.

”Sejak Jumat pagi ini arus pengunjung dari daerah tetangga itu kian meningkat, mereka umumnya lebih senang menggunakan sepeda motor dengan konvoi kendaraan dari pada kendaraan pribadi seperti mobil,” ungkapnya.

“Kami sudah menyiapkan rambu-rambu jalan yang boleh dilalui pengunjung tersebut, karena biasanya petugas kepolisian dan LLAJ kewalahan mengatur kendaraan para pengunjung dari beberapa daerah itu, kalau sudah datang secara serentak,” katanya.

Pantauan di lapangan, memang terlihat kedatangan wisatawan yang cukup besar di Pagaralam memanfaatkan hari libur yang panjang. Bahkan tidak sedikit yang menambah waktu libur mereka dan baru telihat meninggalkan Bumi Besemah ini.

TEKS     : ANTONI STEFEN
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster