Kertalaya Akhirnya Beroperasi

 865 total views,  8 views today

Kereta api khusus mahasiswa atau Railbus Kertapati-Indralaya | Dok KS

Kereta api khusus mahasiswa atau Railbus Kertapati-Indralaya | Dok KS

PALEMBANG – Kereta api khusus mahasiswa atau Railbus Kertapati-Indralaya atau Kertalaya, akhirnya beroperasi kembali. Kertalaya sebelumnya sempat berhenti beroperasi.

“Selasa (1/4), Kertalaya akan beroperasi. Keberangkatannya akan dilaksankan pada sekitar pukul 07.30 WIB,” kata Kepala Bidang (Kabid) LLAJ dan Perkeretaapian, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel, Sudirman, kemarin.

Ia menyebut, persiapan operasional Kertalaya telah rampung. Hal itu ditandai dengan suksesnya ujicoba perdana yang melibatkan pihak intern antara Dishubkominfo Sumsel dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) 3, kemarin. “ Ujicoba kita lakukan dari Stasiun Indralaya menuju Kertapati, alhamdulilah tak ada gangguan dan kendala yang terjadi,” sebut Sudirman.

Menurutnya, memang segala persiapan sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan, railbus tersebut sudah dapat operasional sejak beberapa bulan lalu jika memang tak mengalami masalah PSO.

“Semuanya sudah kita lakukan, perbaikan mesin sudah dilakukan dan tak ada lagi kendala, itu artinya sudah siap untuk beroperasi mempermudah akses mahasiswa untuk menjalankan kuliah dan sebagainya,” tegasnya.

Dibeberkan Sudirman, hari ini, pihaknya akan melakukan operasional perdana railbus tersebut “Untuk itu kami menghimbau mahasiswa yang ingin menggunakan transportasi ini untuk datang kesana,” cetusnya.

Sebelumnya, Manager Humas PT KAI Divre 3 Sumsel, Rapino Situmorang menuturkan, operasional akan dilakukan dua kali sehari yakni dari Stasiun Kertapati pada pukul 07.30 WIB dan 09.15 WIB. Sedangkan dari stasiun Indralaya pukul 08.19 WIB dan 14.18 WIB. “Penumpang membayar tarif Rp 2.500,” jelasnya.

Nantinya, setelah sampai di stasiun, mahasiswa dapat naik bus dari stasiun menuju kampus. Biayanya juga dapat digunakan secara gratis. “Nah, berlaku juga sebaliknya, bisa digunakan dari kampus menuju stasiun ketika keberangkatan dari Indralaya menuju Kertapati,” tukasnya.

 

TEKS          : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster