Kampanye PAN Langgar Aturan

 278 total views,  2 views today

– Ketua DPD PAN PALI : Kami Sudah dapat ijin Polda

PALI – Kampanye Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar di Lapangan Sumberjo, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sabtu (29/3) lalu dinilai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muara Enim melanggar aturan.

Pasalnya, acara yang dihadiri ratusan kader dan simpatisan itu dianggap melakukan kampanye diluar jadwal yang ditentukan.

“Bila melihat jadwal yang ada jelas mereka (PAN) melakukan pelanggaran administrasi. Sebab melakukan kampanye diluar jadwal,” kata ketua Panwaslu Muara Enim, Budi Harianto SE Msi, kepada Kabar Sumatera, Senin (31/3).

Budi menjelaskan, jadwal yang disepakati hari itu PAN mendapat jatah untuk berkampanye di Dapil I dan Dapil III. Sementara untuk wilayah Talang Ubi (dapil II) menjadi jadwal Partai Golkar.  Namun anehnya, PAN mengantongi izin dari Polda Sumsel.

“Mereka mendapat izin dari Polda Sumsel. Penyelenggaranya pun DPW PAN Propinsi Sumatera Selatan” jelas Budi.

Meski demikian, Budi mengakui hari Sabtu kemarin DPW PAN mendapat jadwal untuk berkampanye di wilayah kabupaten Muara Enim. Namun untuk Kabupaten Muara Enim, PAN mendapat jatah di Dapil I dan Dapil III. Bukan di Dapil II.

Panwaslu Muara Enim juga tidak bisa berbuat apa-apa untuk memberikan sanksi. Karena pelaksana kampanye tersebut adalah DPW PAN Propinsi Sumatera Selatan. Panwaslu hanya bisa menyampaikan rekomendasi saja ke Bawaslu Sumsel.

“Masalah ini sudah kita bawa ke rapat Gakkumdu. Karena yang menyelenggarakan adalah pengurus tingkat propinsi, kita hanya bisa memberikan rekomendasi pelanggaran administrasi tersebut. Berbeda kalau yang melaksanakannya DPD tingkat kabupaten. Kita bisa bertindak,” ungkap Budi.

H Novaldo Alqudsi SE, Ketua DPD PAN Kabupaten PALI sendiri kepada KabarSumatera membantah bila kampanye yang dilakukannya dianggap melanggar. “Melanggar darimana, kalau masalah jadwal, jadwal mana yang dilanggar. Ini kan (kampanye) agenda provinsi dan hari ini (Sabtu) jadwal DPW PAN Sumsel untuk kampanye di wilayah Sumsel 6. Kami hanya melaksanakan hak kami sesuai aturan yang berlaku,” bantah Novaldo.

Aldo, panggilan akrabnya menjelaskan bahwa mereka sudah mengantongi izin dan sesuai jadwal yang dikeluarkan KPUD Sumsel. “Ingat, jadwal yang dikeluarkan sudah melalui pleno lho,” ucapnya.

“Tidak masalah, yang penting tidak ada benturan. Dalam kampanye di Palembang tempo hari pun berbarengan dengan Demokrat dan tidak ada masalah. Lancar dan aman,” ungkapnya.

Aldo menambahkan, selagi tidak ada gesekan atau konflik, maka kampanye itu boleh-boleh saja dilakukan. “Polisi juga pasti sudah ada penilaian dan antisipasi sebelum mengeluarkan izin. Tempohari di Palembang kami berbarengan dengan Partai Demokrat. Tidak ada masalah,” katanya.

Apa yang diprediksi Aldo itu benar adanya. Terbukti pelaksanaan kampanye PAN hari itu pun berjalan lancar. Ratusan massa yang terdiri dari kader dan simpatisan tampak memenuhi tenda yang disediakan panitia. Ditengah terik matahari yang menyengat, warga setia menyaksikan hiburan yang disajikan orgen tunggal.

Sebelum datang ke lokasi kampanye, puluhan kader berkonvoi menggunakan sepeda motor berkeliling Talang Ubi. Lengkap dengan kaos dan bendera berlogo PAN warga beriringan menuju lokasi kampanye.

Sementara itu, Edi Suprianto Oemar SH, ketua DPD Partai Golkar Kabupaten PALI yang mendapat jatah kampanye di Dapil II justru mengecam Panwaslu dan Bawaslu yang dinilainya tidak tegas.

“Sampai mati, hari ini adalah jadwal Golkar. Saya nggak ngerti kalau ada partai lain diizinkan. Sebenarnya kami tidak masalah dengan PAN. Kami tidak menyalahkan teman-teman dari PAN. Tapi kami mempertanyakan kinerja Panwaslu dan Bawaslu. Sampai dimana kemampuannya. Seharusnya mereka bertindak tegas,” ungkap Edi kesal.

Pada Sabtu kemarin,  Partai Golkar menggelar kampanye akbar di Desa Tempiran Kecamatan Penukal Utara. Gelaran kampanye itu pun berlangsun tertib dan lancar.

 

Teks  : Indra Setia Haris

Editor  : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster