Gempa 5,4 SR Guncang OKUS, Warga Berhamburan Keluar Rumah

 282 total views,  2 views today

MUARADUA – Ketenangan warga di Kabupaten OKU Selatan, Senin (31/3), terusik. Sekitar pukul 11.13 WIB, gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang kabupaten tersebut. Walau guncangan gempa tidak lama terjadi, namun warga sempat dibuat panik dan berhamburan keluar rumah.

Usai gempa, sebagian warga masih takut masuk ke dalam rumah karena kuatir bakal adanya gempa susulan. Mereka memilih untuk duduk dan mengobrol dengan tetangga sekitar rumah mereka, di ruangan terbuka.  “Tadi, saya sedang memasak di rumah. Tiba-tiba merasakan rumah seperti bergerak-gerak, saya pun langsung meminta anak-anak keluar rumah,” tutur Sutinah saat dibincangi, kemarin.

Sutinah mengaku, sampai saat ini masih kuatir ada gempa susulan. Karenanya usai gempa, ia belum berani untuk masuk ke dalam rumah. “Sekitar satu jam kemudian, setelah memang tidak ada gempa susulan, saya baru berani masuk kembali ke dalam rumah,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Bari (60). Ia mengaku, saat kejadian berada di dalam rumah. “Sekitar pukul 11.00 WIB, lampu diatas rumah bergoyang. Dinding rumah bergetar, makanya saya langsung teriak lindu….lindu….dan langsung ke luar rumah,” ceritanya.

Ia mengaku kejadian itu, sempat membuat warga disekitar tempat tinggalnya berhamburan keluar rumah. “Gempanya hanya sebentar, juga tidak terlalu kuat terasa. Tetapi sempat buat warga disini, keluar dari rumah,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, H Iskandar melalui Kepala Pelaksana BPBD, Mahfi Abubakar saat dihubungi menyebut, gempa tersebut terjadi di 32 km barat daya, Kabupaten OKU Selatan.

“Yang paling terasa dampak gempa itu di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, namun terasa hingga ke Muaradua tetapi tidak terlalu kuat. Sampai saat ini, kita belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa atau kerusakan. Namun kita segera ke lokasi, untuk memastikannya,” jelas Mahfi.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumsel, Indra saat dihubungi, membenarkan terjadinya gempa di Kabupaten OKU Selatan itu.

Menurutnya, gempa terjadi di titik 4,91 lintang selatan, sekitar 103,97 bujur timur. “Kekuatannya sekitar 5,4 SR. Penyebabnya karena patahan bumi Indo Australia di Bukit Barisan. Patahan ini, membentang dari Bukit Barisan membunjur ke Aceh sampai Lampung,” tukasnya.

TEKS       : FITRI

EDITOR      : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster