Duh, Kantor Bupati Muratara Dibakar

 252 total views,  2 views today

– Diduga Terkait Rekrutmen Honorer

MUARARUPIT – Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), kembali bergolak. Setelah sebelumnya, Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) di kabupaten baru yang pernah dibakar massa, kini giliran Kantor Bupati Muratara yang dibakar orang tidak dikenal, Senin (31/3).

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, Kantor Bupati Muratara yang berada di Jalan Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Muara Rupit ini, dibakar sekitar pukul 04.30 WIB. Untungnya, tidak semua ruangan yang terbakar. Hanya ruangan  Bagian Arsip dan Hukum saja, yang terbakar.

Pelakunya sendiri diduga dua orang, dengan mengendarai sepeda motor. Karena suasana libur, pengamanan pun tidak terlalu ketat sehingga membuat kedua pelaku berhasil masuk ke dalam Kantor Bupati Muratara. Kedua pelaku kemudian, memecahkan kaca ruangan dan membakar berkas di dalam ruangan tersebut.

Pejabat Bupati Muratara, Akisropi Ayub saat dikonfirmasi membenarkan terbakarnya kejadian tersebut. “Ya ruangan arsip terbakar, tetapi berhasil cepat dipadamkan oleh warga sehingga tidak merambat ke ruangan lain,” terangnya.

Siapa pelaku dan apa motifnya, ia belum bisa memastikannya. Namun kata Akisrofi, kejadian itu diserahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk menyelidikinya. “Biarkan polisi yang mengusut siap pelaku dan apa motifnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Muratara, Sunardin menyebut kejadian itu sudah diselidiki oleh Kepolisian Resort (Polres) Mura. Apa motifnya, ia belum bisa memastikan.

Namun ia menduga, kejadian itu dilatari dengan hasil rekrutmen pegawai honorer di lingkungan Pemkab Muratara. Ia menyebut, pemkab memang merekrut pegawai honorer yang disebut pegawai pemerintah perikratan kontrak (P3K).

“Bisa saja, itu penyebabnya. Karena ada yang tidak diterima, karena tidak memenuhi syarat. Namun ini baru dugaan, yang pasti pelakunya adalah orang tidak bertanggungjawab,” tegasnya seraya menyebut, untuk menguak kasus tersebut, rekaman dari closed circuit television (CCTV) di kantor Pemkab Muratara akan diserahkan ke kepolisian.

Terpisah, Kepala Polres Mura, AKBP Chaidir  belum bisa memastikan apa motif dibalik pembakaran kantor Bupati Muratara itu. “Kita sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), namun kita belum bisa memastikan apa motif pembakaran ini. Namun hasil penyidikan sementara, ruangan tersebut sengaja dibakar. Kita saat ini, masih mempelajari rekaman dari kamera CCTV yang terpasang,” tukasnya.

TEKS         : MASYRI SYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster