Adu Kuat Partai Berbesan

 269 total views,  2 views today

Ilustrasi Partai Demokrat dan PAN | Dok KS

Ilustrasi Partai Demokrat dan PAN | Dok KS

PALEMBANG – Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini (1/4), dua partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) akan berbarengan menggelar kampanye terbuka di Palembang.

Kedua partai tersebut yakni Partai Demokrat yang akan menggelar kampanye di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menggelar kampanye di Lapangan Patrajaya, Plaju, Palembang.

Uniknya, kampanye dua partai ini menjadi pertaruang “adu kuat” dua partai yang berbesan. Sekjend Partai Demokrat Edhie Baskoro atau Ibas yang juga anak Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), adalah suami dari Aliyah Radjasa, yang merupakan anak dari Ketua Umum PAN, Hatta Radjasa.

Baik SBY, Ibas maupun Hatta Radjasa, dipastikan hadir di Palembang namun tidak dalam satu panggung.  Dibincangi di ruang VIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Ketua Umum PAN, Hatta Radjasa menyebut kedatangan ia dan SBY yang bersamaan di Palembang itu hanya kebetulan saja.

“Sesuai jadwal, PAN dan Partai Demokrat memang  menggelar kampanye terbuka di Palembang. Itu tidak direncanakan, hanya kebetulan saja,” kata Hatta yang dibincangi, Senin (31/3).

Kampanye PAN dan Demokrat sering bersamaan, misalnya saat kampanye di Malang. Disana SBY datang sebagai jurkam bagi Partai Demokrat, Hatta Radjasa pun berada di kota yang sama sebagai jurkam bagi PAN. Hal yang sama terjadi di Sumatera Utara.

Walau pun begitu, Hatta menampik jika partai berlambang matahari terbit itu bakal berkoalisi dengan partai berlambang bintang mercy tersebut di Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. “PAN terbuka berkoalisi dengan partai manapun, koalisi itu baru dilakuan setelah Pileg,” tegas Hatta.

Hatta mengaku, selama ini komunikasi politik antara partai yang dipimpinnya dengan parpol lain terjalin baik. “Kita sering berkomunikasi dengan PKB, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Hanura maupun Gerindra,” ujarnya.

Namun Hatta mengaku partai yang kemungkinan berkoalisi dengan PAN, adalah partai yang mempunyai platform yang sama dengan PAN. “Bagi kita, adalah melanjutkan program yang sudah  berhasil saat ini. Itu bisa dengan partai manapun,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, SBY akan datang bersama sejumlah petinggi Partai Demokrat diantaranya Sekjend Edhie Baskoro. “Selain itu, sejumlah peserta konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat juga akan hadir ke Palembang,” kata Ishak, kemarin.

Ishak memastikan kehadiran SBY ke Palembang, hanya untuk satu agenda yakni menjadi jurkam nasional Partai Demokrat. Apakah selain menjadi jurkam, SBY juga akan melakukan blusukan, Ishak belum bisa memastikannnya.  “Di dalam agenda, tidak ada blusukan yang dilakukan pak SBY. Namun bisa saja itu dilakuannya, secara spontanitas,” sebut Ishak.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini menyebut, kedatangan mantan Pangdam II Sriwijaya itu diharapkan  bisa mendongkrak perolehan suara Partai Demokrat di Pileg, 9 April mendatang. “Untuk Sumsel di Pileg 2004, kita berada di urutan kedua. Tahun ini kita berharap, bisa menjadi partai pemenang Pileg di Sumsel,” ujarnya seraya menyebut saat kampanye nanti sedikitnya ada 40 ribu pendukung, kader dan simpatisan Partai Demokrat yang hadir.

 

TEKS        : DICKY WAHYUDI

EDITOR        : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster