Selama Masa Kampanye, Produksi Sampah Meningkat 20 Ton

 143 total views,  2 views today

PALEMBANG – Selama masa kampanye kampanye terbuka pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), sejak  16 Maret lalu, produksi sampah di Kota Palembang mengalami peningkatan hingga 20 ton perhari.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kebersihan, Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Nasution mengatakan, produksi sampah masyarakat di kota metropolis ini, normalnya perhari hanya 600 ton.

Namun sejak masa kampanye, produksi sampah yang dihasilkan di Palembang perharinya menjadi 620 ton per hari. “Yah cukup banyak peningkatan produksi sampahnya, tapi tidak terlalu signifikan, seperti acara Islamic Solidarity Games (Games) lalu,” kata Nasution yang dibincangi, Jumat (28/3).

Menurut Nasution, meningkatnya volume sampah ini tidak terjadi di seluruh wilayah Palembang. Melainkan hanya di zona-zona kampanye saja. “Zona kampanye yang ditetapkan ada 14 lokasi, seperti Benteng Kuto Besak (BKB), Stadion Patra Jaya, Kertapati, Kamboja, Sukamaju dan lainnya. Disanalah produksi sampahnya yang meningkat,” bebernya.

Nasution menerangkan, sampah yang dihasilkan selama masa kampanye ini, didominasi oleh sampah kering, seperti sisa gelas minuman plastik, bungkus rokok, bungkus makanan dan sisa makanan.

“Sampah tersebut dihasilkan dari partisipan maupun simpatisan partai yang memeriahkan kampanye. Tapi, kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada kampanye akbar, namun juga kampanye-kampanye biasa,” ucapnya.

Nasution menyebutkan, untuk menanggulangi sampah selama masa kampanye ini, pihaknya menugaskan 250 petugas kebersihan. Katanya, petugas tersebut datang ke lapangan sebelum kampanye tersebut dimulai dan sesudah kampanye selesai.

“Sampah-sampah tersebut langsung kita angkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga tidak terjadi penumpukkan sampah di lokasi kampanye tersebut, yang bisa mengganggu keindahan kota,”tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster