Maret Okupansi Hotel Diprediksi Meningkat

 255 total views,  2 views today

PALEMBANG – Awal tahun selalu jadi masa suram bagi industri pariwisata, tak terkecuali bisnis hotel yang selalu mengalami penurunan tingkat okupansi. Namun pelaksanaan Pemilu 2014 diharapkan merubah situasi tersebut.

Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumatera Selatan mengharapkan momentum pemilu bisa memicu tingkat hunian hotel (okupansi) kembali bergairah. PHRI yakin selama bulan Maret ini okupansi akan meningkat 20 persen.

“Seperti biasa awal tahun selalu jadi siklus tahunan dengan turunnya okupansi. Namun momen Pemilu tentu bisa mendongkrak bisnis industri perhotelan, setidaknya efek pemilu akan memberikan dampak peningkatan okupansi sebesar 20 persen,” kata ketua PHRI, Herlan Aspiudin kepada Kabar Sumatera, Jumat (28/3).

Herlan memprediksi, pertengahan Maret 2014, arus okupansi dari efek Pemilu sudah akan mulai mengalir. Ini berkaca dari pengalaman Pemilu 2009, lonjakan okupansi mulai terasa sejak Maret.

Momentum pemilu legislatif dan pemilihan umum presiden juga diharapkan dapat meningkatkan kegiatan MICE yang selam ini menurutnya menjadi potensi unggul bisnis perhotelan selain kamar.

“Kegiatan kampanye rapat-rapat partai akan melibatkan banyak juru kampanye dari berbagai daerah dan tentu ini membutuhkan akomodasi, untuk  hotel dan restoran di Sumsel diharapkan dapat berdampak positif terhadap meningkatnya kegiatan dan hunian hotel, mengingat anggaran pemilu cukup besar,” ungkap Herlan.

Disamping itu, ditambahkan Herlan pemicu meningkatnya okupansi dibulan Maret
juga didukung oleh mulai maraknya kegiatan pemerintah. Pada bulan tersebut anggaran pemerintah pusat dan daerah telah cair sehingga turut memungkinkan kegiatan MICE hotel-hotel mulai padat.

Pada saat momentum low season, dia menjelaskan bulan Januari dan Februari okupansi memang dinilainya berjalan tak maksimal.

“Pada Februari kegiatan MICE yang biasanya dilakukan oleh government maupun corporate amat kecil dilaksanakan. Namun pastinya menyambut bulan Maret ini apalagi ditambah pemilu, industri perhotelan di Sumsel diharapkan masing-masing dapat berimbas pada peningkatan benefit yang didapat,” katanya.

TEKS   : AMINUDDIN
EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster