Lomba Budidaya Ikan Muaraenim Wakili Sumsel

 189 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Kabupaten Muaraenim, kembali meraih prestasi untuk mewakili Sumatera Selatan (Sumsel) ke tingkat nasional, dalam lomba kelompok budidaya ikan. Dalam lomba ini, Kelompok Tani Perikanan Sepupu Jaya, Kecamatan Lawang Kidul akan bertarung dengan kelompok tani lainnya di Indonesia, dalam lomba yang sama.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (DPP) Kabupaten Muaraenim, Teguh Sumitro menyebut, Kelompok Tani Perikanan Sepupu Jaya sebelumnya menjadi yang terbaik dalam lomba budidaya ikan tingkat Sumsel 2013.

“Karena meraih juara pertama, maka Kelompok Tani Perikanan Sepupu Jaya ditunjuk mewakili Sumsel ke tingkat nasional dalam lomba yang sama. Kapan perlombaan itu dimulai, kita belum tahu namun yang pasti digelar tahun ini,” kata Teguh ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (28/3).

“Prestasi ini tentunya berkat dukungan dan arahan bupati dan wakil bupati. Kelompok tani ini, adalah salah satu kelompok tani binaan Dinas Peternakan dan Perikanan Muaraenim,” ungkap Teguh.

Teguh berharap, saat lomba antar kelompok tani perikanan tingkat nasional yang digelar Kementrian Perikanan dan Kelautan mendatang, Kelompok Tani Sepupu Jaya bisa kembali menjadi yang terbaik. “Kita berharap, mereka bisa menjadi pemenang di tingkat nasional,” ujarnya.

Ia menerangkan, kelompok tani ini sejak berdiri mendapatkan binaan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim dan PT Bukit Asam. Kelompok tani itu bebernya, kini terus berkembang.

“Kelompok tani ini, akan kita arahkan sebagai Unit Pembenihan Rakyat (UPR). Nantinya, disana menjadi pusat pembinihan Ikan Lele untuk dijual kepada masyarakat.  Selain pembenihan Lele, kelompok tani tersebut juga diarahkan untuk melakukan pembenihan bibit ikan lainnya,” tukasnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster