Tabrakan Beruntun di Jalintim Sekayu-Jambi Lumpuh Total

 381 total views,  2 views today

SEKAYU – Jalan Lintas Timur (Jalintim) tepatnya di Jalan Lintas Palembang-Jambi, Kamis (27/3), mengalami lumpuh total selama 24 jam. Pantauan Kabar Sumatera,  ratusan kendaraan yang didominasi terjebak dalam kemacetan panjang.

Diprakirakan, kemacetan tersebut mencapai puluhan kilometer. Kendaraan yang melaju dari arah Palembang-Jambi atau sebaliknya, tidak bisa bergerak sama sekali. Sehingga mau tidak mau, sopir kendaraan tersebut lebih memilih untuk beristirahat di luar kendaraan. Sambil menunggu terurainya kemacetan dan bisa kembali melintas, para sopir tersebut terlihat asyik mengobrol.

“Sudah dari pagi tadi disini, macetnya panjang. Sampai saat ini, belum bisa bergerak. Ya, mau tidak mau lebih baik memilih istirahat dipinggir jalan,” kata Rahmat (38), salah satu sopir truk yang dibincangi, Hari ini (27/03/2014).

Rahmat mengaku, ia dari Jakarta hendak ke Jambi untuk mengantarkan barang pesanan. Untungnya aku Rahmat, barang yang diantarnya itu bukanlah barang cepat busuk seperti sayur-sayuran atau ikan. “Untunglah barang yang saya antar ini, barang pecah-belah. Kalau barang-barang yang cepat busuk, bisa-bisa saya rugi,” kata Rahmat yang mengaku merupakan warga Lampung.

Apa penyebab kemacetan, Rahmat menyebut kurang tahu. Tetapi informasi yang ia terima, penyebab kemacetan itu karena terjadinya tabrakan antara truk yang mengangkut elpiji dengan truk jenis PS. “Kabarnya di KM 102, ada tabrakan antara truk elpiji dengan truk jenis PS,” ucapnya.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, kemacetan tersebut disebabkan terjadinya tabrakan antara truk jenis Hino BE 9213 AB yang mengangkut elpiji sebanyak 1,5 ton. Truk yang dikemudikan Laris Nainggolan (35), warga Jambi itu bertabrakan dengan truk  Mitsubishi PS BG 9587 UM, yang dikendarai Ali Imron (27), warga Bandar Lampung.

Tabrakan tersebut terjadi di KM 102, Jalan Palembang-Jambi, tepatnya di Desa Sukamaju, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Muba.  Kepala Satuan (Kasat) Lalu-Lintas (Lantas) Kepolisian Resort (Polres) Muba, AKP Kadek Ari Mahardika yang di konfirmasi, membenarkan terjadinya kecelakaan tersebut.

Ia menyebut, tabrakan itu berawal saat truk jenis Mitsubishi PS BG 9587 UM melaju dari arah Palembang menuju Jambi, dengan kecepatan kencang. Saat melintas di lokasi kejadian, melintas truk elpiji dari arah sebaliknya.

Karena tepat berada ditikungan, Ali Imron, pengemudi truk Mitsubishi PS tersebut tidak bisa mengendalikan kendaraanya. Akibatnya, truk yang dikemudikannya menabrak truk bermuatan elpiji. Karena kerasnya benturan, kedua kendaraan ini terseret ke pinggir jalan dan menabrak truk jenis Hino B 9679 UYT, yang dikemudikan Zulkarnain (26),warga Lampung.

“Tidak ada korban jiwa dari tabrakan tersebut, namun truk elpiji tersebut diduga mengalami kebocoran sehingga kita percepat lakukan evakuasi. Kita takutkan, truk pengangkut elpiji ini bisa membahayakan pengendara kendaraan lainnya,” jelas Kadek.

Untuk melakukan proses evakuasi jelasnya, Polres Muba meminta bantuan alat berat dari PT Medco dan Pertamina. Sedangkan kendaraan lainnya, yang terlibat tabrakan tersebut masih berada di lokasi kejadian.

“Ketiga pengemudi truk tersebut, mengalami luka berat. Mereka kini, di rawat di RSUD Sungai Lilin. Sementara kernetnya mengalami luka ringan. Kita saat ini, masih terus berusaha mengurai kemacetan, dengan menerapkan sistem buka tutup,” tukasnya.

 

TEKS           : BAGUS SANTOSO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster