Ris PNPM Merangkak Naik

 395 total views,  2 views today

BANYUASIN – Program Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM) Mandiri dari Bank Asia Development (ADB) di Banyuasin pada tahun ini, merangkak naik dari tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya,  hanya 18 desa namun di tahun ini jumlah desa yang masuk dalam program ini menjadi 21 desa. Kepala Bidang (Kabid) Program, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Banyuasin yang juga Satuan Kerja (Satker) Ris PNPM Kabupaten Banyuasin,  Iskandar di ruang kerjanya mengatakan, jumlah desa yang akan mendapatkan program Ris PNPM pada tahun 2014 ini mengalami peningkatan.

“Jumlah desa penerima dara Ris tahun ini sedikit mengalami peningkatan, walaupun tidak signifikan namun paling tidak ada peningkatan dibanding tahu-tahun sebelumnya” ucap Iskandar, Kamis (27/03)

Dia tidak menampik, jumlah peningkatan pada tahun ini memang belum sebanding bila dibandingkan dengan tahun 2000  yyaitu sebanyak kurang lebih 40 desa dan 36 desa di tahun 2001. “Memang kalau dibandingkan tahun 2000, belum sebanding,” ujarnya.

Dikatakannya, ia tidak mengetahui persis mengenai penyebab pasti penurunan jumlah desa penerima dana ris tersebut, karena hampir keseluruhan kabupaten tidak sama ada yang meningkat dan ada juga yang menurun. “Kalau secara pasti, kita tidak tahu. Namun bisa jadi karena ada penilaian yang kurang baik, sehingga mengakibatkan jumlah desanya dikurangi,” ujarnya.

Namun mudah-mudahan untuk tahun mendatang sambungnya, jumlah desa yang menerima program tersebut di Banyuasin bisa terus meningkat.  Disinggung mengenai waktu pelaksanaan, Iskandar menyebut belum bisa memastikan karena masih menunggu Peraturan tentang desa

“Begitu juga dengan desa-desa mana, yang akan menerima program ini. Namun yang pasti ada di empat kecamatan yakni Kecamatan Air Sale sebanyak tiga desa, Muara Sugihan sebanyak tujuh desa, Tanjung Lago sebanyak enam desa dan Tungkal Ilir sebanyak lima desa,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster