PAW Dewan Banyuasin Tetap Dilantik

 334 total views,  2 views today

BANYUASIN – Meski sudah beberapa kali  tertundanya penjadwalan rapat badan musyawarah (Banmus), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuasin, tidak akan mengurungkan kepastian pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) dua anggotanya dari Partai Bintang Reformasi (PBR), Ledy Risdyanto dan Tismon Sugiarto.

Hal itu ditegaskan oleh Kabag Hukum dan Perundang-undangan Setwan Banyuasin, Konar saat dibincangi, Kamis (27/3). Dia menjelaskan, meskipun rapat Banmus pembahasan penjadwalan PAW ini, beberapa kali tertunda lantaran tidak qorum.

Namun jelasnya, dipastikan pelantikan PAW akan tetap dilaksanakan karena sesuai aturan penjadwalan akan diambil alih oleh unsur Ketua di DPRD Banyuasin, beserta pimpinan fraksi.

Tetapi kapan waktunya, ia belum bisa memastikan. “Tapi sudah dipastikan, keduanya akan di PAW, tinggal menunggu waktu saja. Karena jelas dalam Undang-Undang (UU) Nomor 27 tahun 2009, pasal 388 ayat (7) beserta penjelasannya menerangkan, proses PAW dihitung enam bulan dari awal proses pengajuannya.  Bukan dihitung dari enam bulan berakhirnya masa jabatan. Itu artinya, tidak ada lagi kemungkinan tetap akan dipertahankan. Namun, bukan kita tidak memihak, atau memihak ke sana, kesini. Tapi kita bicara aturan yang ada,” ungkap Konar.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk proses PAW dua anggota dewan yang masih duduk di kursi legislatif Banyuasin ini, partai yang mengusungnya telah mengajukan PAW pada pertengahan tahun 2013 yang silam. Itu artinya, sudah sangat memungkinkan untuk diproses.

“Berbeda jika, pengajuannya sekarang, itu tidak bisa lagi, karena sudah kurang dari enam bulan, seperti yang diamanatkan UU 27/2009. Itu pun dewan hanya menjalankan SK dari Gubernur yang bahwasanya harus segera menjadwalkan pelantikan,” katanya.

Untuk pengganti Tismon dan Ledy, telah dipastikan akan digantikan oleh Andrian Bonafit dan Abu Sali, yang merupakan perolehan suara terbanyak kedua dari masing-masing dapil yang diwakilkan rekannya sebelumnya.

 

TEKS         : DIDING KARNADI

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster