Sosialisasi Pemilu Harus Dipergencar

 181 total views,  2 views today

Ilustrasi | Bagus Park

Ilustrasi | Bagus Park

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai perlu menggencarkan sosialisasi, untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang.

Dengan cara ini menurut Yulia Sari, calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Palembang dari daerah pemilihan (dapil) 2 dari PDI Perjuangan ini, masyarakat bisa disadarkan pentingnya suara mereka bagi masa depan bangsa dan negara lima tahun kedepan.

“Tidak kita pungkiri, masyarakat saa ini apatis sehingga banyak yang memilih golput atau tidak menggunakan hak suaranya dalam setiap pesta demokrasi. Namun sikap apatis ini, harus dikikis dengan cara sosialisasi dan memberikan pendidikan politik ke masyarakat, agar tidak menyia-yiakan hak suara mereka,” kata Yulia ketika dibincangi, Rabu (26/3).

Sosialisasi dan pendidikan politik ini tegasnya, memang bukan hanya tanggung jawab KPU maupun Panwaslu sebagai penyelenggara pemilu atau pemerintah saja. Itu kata dia, harus jadi tanggung jawab bersama semua lembaga masyarakat termasuk caleg sendiri.

“Golput itu, bukan pilihan. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk memilih pemimpin. Dengan golput, juga tidak menyelesaikan persoalan saat ini. Justru dengan menggunakan hak suara, kita bisa ikut berpartisipasi mengatasi semua persoalan saat ini,” ucapnya.

Sementara itu caleg DPRD Sumsel dari Partai Golkar, Anita Noeringhati menghimbau masyarakat Sumsel terutama Palembang untuk jeli dalam melihatdan memilih wakil mereka yang akan duduk di lembaga legislatif.

Menurutnya masyarakat harus membuka mata, jangan mudah terpengaruh dengan iming-iming sekejap tetapi menggadaikan kepentingan mereka sendiri selama lima tahun. “Saya tidak mengingkari, ada caleg yang melakukan politik uang untuk mendulang suara. Namun tidak semuanya, jika ada yang seperti itu sebaiknya jangan dipilih lagi,” kata Anita, kemarin.

Ia sendiri tegas Anita, tidak sanggup jika harus “membeli” suara masyarakat dalam Pileg ini. Ia tegas  sekretaris Komisi V DPRD Sumsel ini, memberikan kepercayaan kepada masyarakat dan bisa membantu mereka dalam menyalurkan aspirasi dan memegang amanah.

 

TEKS            : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster