RS Wajib Sediakan Incinerator

 1,673 total views,  2 views today

Ilustrasi Incinerator | ugm.ac.id

Ilustrasi Incinerator | ugm.ac.id

PALEMBANG – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang kembali menegaskan, setiap rumah sakit (RS) wajib menyediakan incinerator atau tempat pembakaran sampah. Kepala BLH Palembang, Tabrani mengatakan, incinerator berfungsi sebagai penghancurkan limbah medis dan itu mutlak diperlukan oleh instalasi layanan kesehatan seperti RS.

Berdasarkan data yang dimiliki BLH jelasnya, saat ini hampir semua RS di Palembang sudah memiliki incenerator tersebut. “Namun kita akan selalu mengecek RS, untuk memastikan bahwa incinerator ada dan masih berfungsi dengan normal.  Kita juga selalu menerima laporan tiap bulannya, dari pihak RS,” sebut Thabrani, Rabu (26/3).

Tabrani menjelaskan, kewajiban RS memiliki incinerator tersebut sudah diatur didalam Peraturan Daerah (Perda) Palembang Nomor 3 tahun 2013 tentang Zzin Lingkungan. Maka jika masih ada RS yang belum miliki incinerator, maka BLH akan memanggil pemilik RS tersebut, kemudian pihaknya akan mengajaknya ke tempat RS yang sudah memiliki incinerator.

“Kami kan hanya sebatas pembinaan saja, kalau sudah kami ajak mereka ke RS yang sudah memiliki incinerator tetapi masih saja tidak mengindahkannya, mungkin nantinya kami akan tutup RS tersebut,”tegasnya.

Tabrani mengaku, incinerator sangat berguna jika RS tersebut besar.  Karena hampir setiap harinya, mereka menghasilkan limbah B3 yang tergolong banyak dan itu berbahaya bagi pasiennya sendiri. “Jadi kami mengharapkan kesadaran dari pihak RS. Ini demi menjaga kesehatan dan kebersihan, baik itu pasien maupun dari masyarakat luar,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster