Romi dan HBA Berpotensi Jadi Tersangka Kasus Suap Akil Mochtar

 206 total views,  2 views today

Kota Palembang Romi Herton dan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) | Dok KS

Kota Palembang Romi Herton dan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) | Dok KS

PALEMBANG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah memiliki bukti yang cukup kuat, untuk dapat menjerat pelaku dugaan suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Siapa yang bakal menyusul ditetapkan sebagai tersangka, oleh KPK dalam kasus dugaan suap sengketa pemilihan kepala daerah (Pemilukada) di MK tersebut ? Wakil Ketua KPK, Zulkarnain menyebut  setiap kepala daerah yang pernah dipanggil dan diperiksa oleh KPK semuanya berpotensi menjadi tersangka.

Di Sumsel sendiri, Wali Kota Palembang Romi Herton dan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), sudah dipanggil dan diperiksa KPK dalam kasus tersebut. Bahkan HBA, sudah memberikan keterangan sebagai saksi untuk Akil Mochtar di Pengadilan Tipikor. Sementara Romi sendiri di jadwalkan Kamis (27/3), akan menjadi saksi dalam persidangan yang sama.

“Kita tidak mau terburu-buru, mengingat banyak fakta-fakta baru yang kemungkinan besar dapat ditemukan pada saat persidangan. Kita ikuti jalan sidangnya saja dulu, jangan sampai dianggap mendahulukan,” kata Zulkarnain yang dibincangi usai mengisi seminar jurnalisme investigasi Lokakarya Media bersama KPK di Hotel Jayakarta Daira, Rabu (26/3).

Menurutnya, kelanjutan proses hukum terhadap kepala daerah itu tergantung hasil sidang Akil. Perlu menunggu proses sidang Akil untuk menjerat kepala-kepala daerah penyuap Akil, sebab bisa saja kepala daerah yang kini menjadi saksi mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) nya.

“Maka itu jadi pertimbangan dan kami tak buru-buru. Kalau sudah kami dorong ke pengadilan, lalu tiba-tiba keterangannya ditarik bagaimana? Kan itu offside namanya,” lanjut dia.

Kemudian, pihaknya juga masih menelisik pola-pola penyuapan terhadap Akil. Apakah kepala daerah penyuap itu punya kepentingan langsung, atau apakah yang punya kepentingan langsung justru yang punya uang. “Sebab ada juga dugaan polanya seperti itu,” jelasnya.

Yang pasti tegas Zulkarnain, KPK telah mengumpulkan bukti cukup kuat untuk dapat kembali menetapkan tersangka baru atas kasus tersebut.  Dijelaskanya, hingga kini pihaknya masih menunggu bukti tambahan, dari beberapa saksi yang diperiksa sebelumnya serta yang berasal dari temuan saat di persidangan Akil.

Selain itu, berdasarkan fakta yang telah di dapat, pemberi suap atau gratifikasi terhadap tersangka Akil, telah mengerucut ke beberapa nama yang tidak lain merupakan pejabat daerah.

“Kan sudah jelas ada di dalam surat dakwaan JPU pada sidang  Akil, hanya saja kami tinggal menunggu bukti tambahan mengenai siapa yang menyuruh pemberi dana gratifikasi tersebut,” tegasnya.

Romi Dipastikan Hadir

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Romi Herton dipastikan akan hadir sebagai saksi dalam persidangan mantan Ketua MK, Akil Mochtar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (27/3).

Kepastian itu disampaikan Kabag Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Yan Sabar Sihotang, kemarin. Ia mengatakan, Romi hari ini (Rabu) sudah berangkat ke Jakarta, sekitar pukul 17.00 WIB. “Bapak (Romi) sudah sering tegaskan, apabila ada pemanggilan terhadap dirinya, ia akan datang, sebagai orang yang taat hukum,” terang Yan, kemarin.

Yan menyebutkan, tugas sebagai wali kota yang di emban Romi, diamanahkan ke wakilnya, Harnojoyo.  “Selama bapak (Romi) di Jakarta, secara otomatis tugas yang memimpin Palembang adalah wakil wali kota,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, sejak awal pemeriksaan di KPK, ia selalu bersikaf kooperatif. “Kalau saya dipanggil sebagai saksi, saya akan datang, sebagai warga yang taat hukum, saya akan hadir,” tukasnya.

 

TEKS        : ROMI MARADONA/ALAM TRIE PUTRA

EDITOR     : DICKY WAHYUDI           





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster