Polda Usut Dugaan Korupsi di Samsat

 282 total views,  2 views today

PALEMBANG – Penyelidikan dan penyidikan dugaan kasus korupsi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap  (Samsat) yang ada di Palembang, Lahat dan Banyuasin terus digenjot oleh penyidik Subdit III, Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Eddy Purwatmo mengatakan, untuk UPTD Banyuasin sebelumnya sudah di sidik dan menetapkan tiga tersangka, yakni dari oknum kepolisian, Bank Sumsel Babel dan Dispenda.

Terbaru, penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel juga menaikan status tahap sidik untuk dugaan korupsi penggelapan dana pajak UPTD Samsat Lahat dan menetapakan satu tersangka yakni oknum pihak kepolisian.

“Yang Lahat sudah naik sidik juga. Kita terus melakukan pemeriksaan dan menggali keterangan saksi untuk kasus tersebut,” ungkapnya.

Sementara untuk kasus dugaan koruspsi di UPDT  Palembang, masih dalam tahap pengumpulan bahan keterangan.

Kasubdit III Tipikor, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Imran Amir, menambahkan, untuk dugaan korupsi Samsat Banyuasin dan Lahat ialah penggelapan dana pajak yang dilakukan oleh tersangka.

“Untuk Samsat Lahat dana yang digelapkan pada tahun 2012 dan dana yang digelapakan mencapai 1,5 miliar,” sambungnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, ulah nakal petugas pajak pada tiga UPTD Samsat di Palembang, Banyuasin dan Lahat berujung hukum. Saat ini, Tipikor Polda Sumsel sedang mengusut dugaan korupsi pada ketiga UPTD tersbut.

Adanya dugaan korupsi terhadap dana pajak kendaraan bermotor itu diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Saud Usman Nasution dalam Memorandum of Understanding (MoU) e-Samsat antara Bank Sumsel Babel (BSB) dengan Jasa Raharja, Polda Sumsel dan Dispenda Provinsi Sumsel di Hotel Novotel, Selasa (18/3).

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster