Pendaftaran HAKI Digratiskan

19 total views, 3 views today

PALEMBANG – Melihat banyaknya Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) di Sumsel, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM Sumsel langsung mencetuskan untuk meningkatkan jumlah pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) secara gratis, kepada para pengusaha UMKM di Sumsel.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel, Budi Sulaksana menyebut, pendaftaran merk dagang ini dinilai perlu untuk menyambut perdagangan bebas dan  sebagai perlindungan hukum, yang menguntungkan.

“Tadinya saya pesimis, makanya hanya memberi target dua ribu saja. Karena kita tidak mempunyai data berapa jumlah UMKM di Sumsel,” kata Budi yang dibincangi usai silaturahmi dengan Gubernur Sumsel, Rabu (26/3).

Namun karena Pemprov Sumsel khususnya Dinas Koperasi dan UMKM sudah mengantongi data jumlah UMKM yang mencapai 160 ribu lebih, maka Kanwil Kemenhumham Sumsel berani menargetkan pendaftaran HAKI hingga 40 ribu.

Selain itu sambungnya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin juga menginginkan jumlah pendaftaran HKI jangan hanya berada di angka dua ribu. Ia menerangkan HAKI ini, penting dimiliki UMKM agar tidak terlindas di perdagangan global Asean.

Untuk itulah, Kemenkumham bebernya, memberikan kepastian hukum dengan menggratiskan pendaftaran, dimana dana itu sendiri didapat oleh dana PNPB yang disetujui oleh Menteri Keuangan.

“Selain dapat mensejahtrakan ekonomi masyarakat, HKI dapat memberikan perlindungan hukum terhadap produk UMKM. Nantinya, jika orang lain menggunakan merk dagang tersebut, maka akan mendapatkan royalti,” tukas Budi.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com