Palembang Waspada Virus Singapura

 317 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang segera mengeluarkan surat edaran, terkait waspada virus flu. Hal tersebut berkaitan dengan adanya penyebaran virus Singapura, yang mulai menyerang puluhan murid Sekolah Dasar (SD) di metropolis.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan, Dinkes Palembang, Afrimelda mengatakan, Dinkes belum mengetahui kalau virus Flu Singapura tersebut telah menyebar. Katanya, kasus tersebut merupkan kasus kedua di Kota Palembang.

“Dengan adanya temuan ini, Dinkes akan segera melakukan sosialisasi. Kita akan keluarkan surat edaran ke seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan pusat kesehatan lainnya yang ada di kota Palembang, terkait waspada flu tersebut,” ungkapnya,  Rabu (26/3).

Sambungnya, dalam surat edaran tersebut pihaknya juga mengimbau kepada pihak Puskesmas dan petugas kesehatan lainnya, untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan di Puskesmas serta Posyandu terkait kewaspadaan ini.

“Kita upayakan untuk menekan penyebaran virus Singapura ini, agar jangan meluas. Ini juga memerlukan peran serta dari pihak terkait, apa lagi dengan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini,” ucapnya.

Afrimelda mengungkapkan, khusus untuk kasus flu Singapura, memang pernah di temukan di Palembang, dua tahun lalu. Namun, angka kasusnya tergolong kecil. “Pernah ditemukan. Tapi, masih skala kecil, jadi tidak masuk dalam program survei pencegahan dan penanggulangan penyakit. Namun penyakit ini, akan diwaspadai dan masuk dalam ketatalaksanaan penanggulangan di setiap Puskesmas,” tegasnya.

Afrimelda menyebutkan gejala awal flu Singapura yakni, tubuh mengalami demam, disertai sakit leher, nafsu makan menurun, pilek, ruam di mulut, tangan, dan kaki. “Virus ini memang harus di waspadai. Namun tidak untuk di takuti secara berlebihan. Yang pasti seseorang yang terkena virus, akan lebih mudah terserang berbagai penyakit lain,” bebernya.

Afrimelda menambahkan, untuk orang yang terserang virus, maka dihimbau untuk dapat meningkatkan imunitas. Seperti mengonsumsi banyak vitamin A dan B serta protein serta istirahat yang cukup.

“Yang paling rentan terserang flu tersebut adalah anak-anak. Tetapi penyakit ini termasuk penyakit yang bisa disembuhkan oleh tubuh kita, seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Untuk lamanya antara tujuh hari sampai empat belas hari,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster