Besaran Nominal PKH Meningkat

 359 total views,  2 views today

pkh

PALEMBANG – Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahun ini, bisa tersenyum. Pasalnya, besaran dana bantuan yang akan mereka terima akan lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya. Berapa nominal kenaikan bantuan itu, belum bisa dipastikan.

Wakil Kepala Kantor Pos Palembang, Fediyan Syahputra mengatakan, telah ada informasi mengenai kenaikan nominal yang diterima keluarga kurang mampu tersebut. Menurutnya, jumlah yang diterima oleh peserta PKH tahun lalu berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 2,2 juta.

“Perbedaan bantuan yang didapat berdasarkan jumlah banyaknya anak yang ditanggung, misalnya anak bersekolah serta batasan usia. Kami belum tahu berapa nominalnya. Tapi, kami sudah ada informasi dari pusat, akan ada kenaikan bantuan yang diterima oleh masyarakat,”ungkapnya, Rabu (26/3).

Untuk pencairan PKH triwulan pertama sendiri jelasnya, direncanakan awal April mendatang. “Biasanya pencairan sekitar minggu pertama atau kedua April. Kami masih menunggu instruksi dari pusat, kami juga tengah menghimpun data dari para pendamping PKH,” bebernya.

Fediyan menjelaskan, para pendamping yang mengetahui secara jelas siapa saja dan berapa besaran yang harus diterima oleh peserta PKH itu. Katanya, untuk pencairan nanti, seluruh kantor pos yang ada di Palembang, akan diberdayakan untuk melayani masyarakat.

“Misalnya kantor pos yang ada di Seberang Ulu, Plaju, Tangga Takat, Kertapati, Merdeka, Kapten Rivai, Talang Ratu, Alang-Alang Lebar, Sukarami, Kenten, Perumnas Kenten, Sungai Buah, dan Sekojo. Hal ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial tersebut,” ujarnya.

Fediyan mengaku, selain peserta dari Kota Palembang, Kantor Pos Merdeka juga melayani pencairan bagi masyarakat pada empat kabupaten lain, yakni, Musi Banyuasin (MUBA), Banyuasin, Ogan Ilir (OI), dan Ogan Komering Ilir (OKI).

“Adapun total dana yang akan diberikan pusat sebesar Rp 28, 7 milyar. Saya pastikan, apabila dana tersebut telah turun, maka kami bersama para pendamping PKH serta dari Dinas Sosial (Dinsos) Palembang segera berkoordinasi dan akan menjadwalkan untuk pencairan,” ujarnya.

Selain itu Fediyan menambahkan, meningkatnya jumlah uang yang diterima, jumlah masyarakat penerima PKH juga meningkat cukup signifikan. “Pada tahun 2013, peserta PKH di Palembang tercatat sebanyak 13 ribu keluarga. Namun pada 2014, bertambah 9000 keluarga, menjadi 22 ribu penerima,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Palembang, Faizal AR mengatakan, bantuan tersebut, hendaknya dapat dipergunakan untuk keperluan yang semestinya. Beberapa poin yang menjadi kriteria penerima PKH yakni memiliki anak sekolah.

Untuk itulah, pihaknya menginginkan agar para orangtua dapat mempergunakan uangnya untuk keperluan sekolah anak-anaknya. “Bantuan itu diberikan untuk mendorong masyarakat lebih maju, dan memotivasi keluarga agar lebih baik. Karena itulah mereka diberikan pendamping, yang dapat mengawasi,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster