Seribu Cara Caleg Rebut Simpati, Dari Sosialisasi, Silaturahmi Hingga Gelar Kegiatan

 199 total views,  2 views today

Ilst.

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Banyak jalan menuju Roma, pepatah ini mungkin yang paling tepat menggambarkan beragam cara yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) untuk mendapatkan simpati masyarakat. Tujuannya tidak lain, agar bisa mendulang suara.

Menjelang pemungutan suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang, beragam cara pun kian digencarkan caleg, mulai dari bersilaturahmi dengan masyarakat sampai dengan menggelar berbagai kegiatan.

Hafiz Tohir misalnya, caleg DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1 ini misalnya. Ia mengaku, terus melakukan sosialisasi dengan cara turun langsung ke tengah-tengah masyarakat di dapilnya agar bisa menyerap aspirasi masyarakat.

“Saya saat ini, tengah silaturahmi dengan masyarakat Musi Rawas (Mura). Tak hanya di Mura, saya juga terus keliling ke sejumlah kabupaten dan kota di dapil saya,” kata politisi PAN ini saat dihubungi, Selasa (25/3).

Ia mengaku, banyak aspirirasi dan problematika yang terjadi ditengah masyarakat yang bisa ia serap untuk diperjuangkan jika terpilih sebagai wakil rakyat. “Misalnya, persoalan infrastruktur, air bersih termasuk pelestarian seni dan budaya lokal seperti Dul Muluk. Itu sedikit dari banyak aspirasi yang saya serap. Masukan-masukan ini, akan menjadi modal berharga saya, untuk diperjuangkan jika terpilih,” sebutnya.

Dalam pandangan mantan calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel ini, persoalan infrastruktur memang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan. Menurutnya, banyak jalan dan jembatan di Sumsel yang rusak dan butuh perbaikan. “Begitu juga dengan air bersih dan mempertahankan seni serta budaya lokal,” ucapnya.

Beda Hafisz, beda pula cara yang dilakukan Jimy Lumban Gaol. Politisi Partai Golkar yang menjadi caleg untuk DPRD Kota Palembang itu mengaku selain menggencarkan sosialisasi, dan bertemu langsung dengan masyarakat, ia juga melakukan berbagai kegiatan. “Sosialisasi ke masyarakat itu, pasti. Selain itu saya juga menggelar berbagai kegiatan misalnya, lomba futsal di dapil saya,” ujarnya.

Selain itu sambungnya, ia juga aktif membina kelompok-kelompok suporter sepakbola. “Yang diberikan pun, nilainya tidak terlalu besar. Namun kita memberikan semangat, dengan cara ini saya yakin bisa mendapatkan suara dari mereka,” ungkap pria yang maju sebagai caleg dari dapil II tersebut.

Ia mengakui, banyak cara yang digunakan caleg untuk mendapatkan simpati masyarakat. Itu menurutnya sah-sah saja. “Setiap caleg, tentu punya strategi. Cara yang saya lakukan, mungkin berbeda dengan cara yang dilakukan caleg lain. Yang penting, bersaing secara sehat dan tidak saling menjelekkan,” tukasnya.

 

TEKS          : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster