Polisi Hindari Stres

 267 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Selama menjalankan tugas pengamanan pemilu legislatif dan presiden, ratusan anggota kepolisian Polres Kabupaten OKI diberikan bimbingan psikologis guna mencegah stres selama bertugas khususnya bagi yang di tempatkan di wilayah terisolir perairan.

AKBP Edya Kurnia, Kabag Psikologis RO SDM, Polda Sumsel sekalu pemateri dalam kegiatan Konseling kesiapan pengamanan Pileg dan Pilpres, Selasa (25/3) menjelaskan, poin penting meteri yang disampaikan kepada para peserta lebih kepada penyegaran dan humanismenya. Mereka para anggota yang bertugas diharapkan tidak stres dalam menjalankan tugasnya selama pengamanan pemilu. Terkait mengenai anggota polisi yang tidak boleh masuk ke area pemungutan suara pihaknya juga sudah mengimbau agar anggota polisi tidak memihak kepada siapapun.

“Ya kita meminta pemahaman mereka sendiri artinya tidak boleh memihak pada siapapun,” ungkapnya seraya berkata peserta diikuti 120 personil dari seluruh Polsek di OKI.

Menurut Kapolres OKI, AKBP Erwin Rachmat Sik, didampingi Kabag Op, Kompol Yulianto, sejauh ini dalam persiapan pengamanan pemilu legislatif dan pilpres, seluruh jajaran personil telah disiapkan dengan maksimal.

“Jumlah personil yang akan kita terjunkan dalam pengamanan berjumlah 622 termasuk personil Polda Sumsel,” ungkapnya.

Pola pengaanan yang digunakan pola satu satu, satu dua, satu tiga dan satu empat, tergantung tingkat kerawanan wilayah pemungutan suara. Disinggung mengenai, anggota tidak boleh berada di dalam lokasi pemungutan suara. Pihaknya membenarkan, karena selama menjalankan tugas pengamanan, polisi dilarang terlibat sedikitpun terkait hal-hal yang menyangkut pemilu.

Kecuali terjadi pidana umum, yang mengharuskan polisi harus turun tangan untuk mengamankan situasi dan kondisi.

“Ya kalau terkait tindak pidana pemilu kan, belum langsung ke kita, karena mekanismenya harus melalui Panwaslu, lain halnya tindak pidana umum. Jadi kita warning anggota kita untuk tidak ikut campur terkait pemilu ini, dan jalankan tugas dengan sebaik mungkin sesuai dengan harapan dari kegiatan pembekalan yang telah dilaksanakan,” tandasnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster