KPU Dilaporkan ke Bawaslu

 200 total views,  2 views today

kpu

PAGARALAM – Upaya menyikapi klarifikasi yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam terkait doorprize yang diterima pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada kegiatan jalan sehat menuju pemilu jurdil 9 maret yang lalu, KPU Kota Pagaralam siap bertanggung jawab bila hal itu dianggap menyalahi aturan yang berlaku.

Hendri, Ketua KPU Kota Pagaralam, Selasa (25/3), membenarkan sudah bertemu Panwaslu dan pihaknya sudah menjelaskan apa adanya.

“Pastinya kita (KPU) telah memenuhi panggilan dari Panwaslu. Dari sejumlah pertanyaan yang diajukan untuk disinkronkan dengan pertanyaan yang di ajukan ke parpol,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun doorprize yang diterima oleh KPU, tidak ada sama sekali atas permintaan KPU.

“Doorprize itu merupakan inisiatif dari parpol yang ingin berpartisipasi menyukseskan acara jalan sehat tersebut,” kata Hendri.

Kendati demikian, ia tak menampik bila hasil klarifikasi itu akan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi sebagai tindak lanjut.

“Saat ini kita tengah menunggu hasil laporan Panwaslu ke Bawaslu tersebut,” terangnya seraya berujar jika hal itu dianggap salah maka KPU selaku pihak penyelenggara siap bertanggung jawab.

Termasuk pula pada pagelaran jalan sehat tersebut, memang ada beberapa partai politik yang ingin memberikan bantuan berupa uang agar KPU belanja langsung.

“Karena tahu hal itu dianggap salah, makanya kita tidak terima bantuan berupa uang,” ujarnya seraya berkata dari polemik ini banyak pihak yang menganggap kalau KPU berseberangan dengan Panwaslu, padahal sama sekali tidak ada melainkan sebatas menjalankan tugas sesuai dengan ranah masing-masing.

Sebelumnya, Panwaslu mengatakan KPU selaku pennyelenggara telah menyalahi aturan yang berlaku. Karena mengacu pada kode etik, KPU tidak boleh menerima apapun bentuknya dari parpol maupun caleg yang menjadi kontestan pemilu.

“Sesuai kode etik, KPU tidak boleh menerima sesuatu dalam bentuk apapun baik dari parpol maupun caleg,” ungkap Ketua Panwaslu Kota Pagaralam Haidir Murni SH belum lama ini.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster